Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

DEMO AMP KOMITE KOTA YOGYA, MENDUKUNG PAPUA BARAT MENJADI ANGGOTA MELANESIAN SPEARHEAD GROUPS (MSG) 0 Comments

By Mypapua
Monday, June 10, 2013 | Posted in , , , ,




YOGYAKARTA-  Aksi damai Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite Kota Yogyakarta,  Mendukung Sikap Negara-Negara Rumpun Melanesia untuk Menjadikan Papua Barat Anggota Melanesian Spearhead Groups (MSG). Dan Mendesak Indonesia untuk Membuka Ruang Demokrasi dan Memberikan Hak Menentukan Nasib Sendiri sebagai Solusi Demokratis Bagi Rakyat Papua, serta mengutuk keras tindakan brutal Militer Indonesia (Tni-Polri) yang membubarkan paksa aksi damai yang kordinir oleh KNPB Rakyat Papua pada hari ini  di Jayapura Papua  Barat.

Hal ini disampaikan oleh kordinator umum (Kordum) Aksi damai, Mika  B. Okomodi  pada Senin 10  Juni 2013.   Mikcal Juga membacakan pernyataan sikap yakni,  Pelaksanaan Melanesian Spearhead Groups (MSG) Summit pada pertengahan juni ini di kota Noumea, New Caledonia (Kaledonia Baru), salah satu pembahasannya adalah proposal West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) untuk mengajukan Papua Barat menjadi anggota MSG.

WPNCL yang merupakan wadah diplomasi gerakan kemerdekaan Papua di wilayah pasifik telah melakukan lobi diplomasi dibeberapa negara-negara rumpun melanesia seperti Vanuatu, Fiji, Kepulauan Salomon dan Kanaky. Diplomasi WPNCL diwilayah pasifik merupakan suatu kemajuan, yang mana persoalan Papua akan menjadi topik pembahasan dalam MSG Summit kali ini.

Melanesian Spearhead Group (MSG) dibentuk berdasarkan “Agreed Principles of Cooperation Among Independent States of Melanesia” yang ditandatangani di Port Vila pada 14 Maret 1988. MSG beranggotakan Fiji, Front de liberation nationale kanak et socialiste (FLNKS) Kaledonia Baru, Papua Nugini, Solomon Islands, dan Vanuatu.

MSG yang merupakan forum bilateral negara-negara rumpun Melanesia, menganggap persoalan Papua merupakan persoalan sesama rumpun Melanesia yang berada dibawah koloni Indonesia.
Sehingga, MSG Summit kali ini di Kaledonia Baru akan menjadikan persoalan Papua sebagai suatu topik selain isu-isu lain yang ada diwilayah pasifik selatan.

Kemudian aksi berjalan aman sampai selesai. walaupun  Militer Indoenesia kawalan ketat oleh Tentara dan Polisi, baik pakian lengkap dan Pakian Biasa (Preman). (Andy G)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "DEMO AMP KOMITE KOTA YOGYA, MENDUKUNG PAPUA BARAT MENJADI ANGGOTA MELANESIAN SPEARHEAD GROUPS (MSG)"

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers