Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

KRONOLOGIS LENGKAP PENCULIKAN DAN PEMBUNUHAN KETUA KNPB SORONG, MARTINUS YOHAME 0 Comments

By WEST PAPUA
Wednesday, August 27, 2014 | Posted in , , , ,

Foto: Almarhum Ketua KNPB Sorong, Martinus Yohame. Diculik dan dibunuh/Dok. KNPB

KRONOLOGIS PENCULIKAN

Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sorong, MARTINUS YOHAME menghilang secara misterius pada tanggal 20 Agustus 2014.


Sebelumnya Martinus Yohame Ketua KNPB wilayah Sorong bersama pengurus lainya pada tanggal 19 Agustus 2014 mengadakan konfrensi press pada pukul 15.00 WPB di depan kantor Wali kota sorong terkait dengan kedatangan Presiden Republik Indonesi Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di tanah Papua, pada umumnya dan lebih khusus di wilayah Sorong dalam rangka acara Pembukaan Sail Raja Ampat di Waisai, Sabtu 23 Agustus 2014.

Sekaligus juga menolak Ilegal Logging, kekayaan alam Papua dan pembangunan Bahari Wisata Duni di Raja Ampat sebab dinilai pencurian dan merusak ekositem hutan di papua tidak menguntugkan milik tanah dan sumber daya alam dari seluruh rakyat bangsa Papua.

Pada Pukul 03.15 WPB, selesai jumpa press berapa Saat kemudian, seorang perempuan telfon kepada ketua KNPB sorong. Lebih lanjut perempuan itu mengatakan bahwa kami dari komnasham Jakarta, mau bertemu.

Beberapa saat kemudian mereka datang menemui ketua KNPB dan rombonganya di depan kantor Wali Kota sorong dengan mengunakan mobil avanza warna merah, di dalamnya ditumpangi satu orang laki-laki dengan menggunakan Handycam besar merek Canon, lalu mengajak Ketua KNPB bersama mereka menuju ke toko Mega Mall sorong, KM 9 sorong.

Kemudian perempuan tersebut menyuruh mereka makan di salah satu tempat makan/warung di samping Toko Mega Mal KM 9 Sorong Papua Barat.
Sambil makan mereka melakukan pertemuan, entah apa yang mereka bicarakan dalam pertemuan tersebut.
Sebelum bubar dari perempuan itu mereka baku tukar nomor HP dan perkenalan.

Mereka mengaku bahwa Mereka dari Komnas HAM di Jakarata. Kemudian perempuan itu lebih lanjut mengatakan bahwa pertemuan berikut kami akan lanjut pada hari rabu 20 Agustus dan kami akan kontak.

Selanjutnya, mereka melakukan komunikasi melalui Via tlp/SMS, sampai dengan terakhir pada hari Rabu tanggal 20 Agustus Pukul 12.00 WPB, Malam.

KRONOLOGIS PEMBUNUHAN Pada hari selasa tanggal 26 Agustus 2014, Martinus Yohame telah diantar oleh pihak Kepolisian Indonesia ke Rumah Sakit Umum di jalan baru sorong, kondisi tidak bernyawa.


Setelah polisi melepaskan mayat almarhum Martinus Yohame di Rumah Sakit, mereka juga melakukan upaya untuk mempersiapkan peti mayat untuk almarhum tanpa sepengetahuan keluarga korban.

Setelah polisi melepaskan mayat di rumah sakit umum lalu petugas kesehatan datang membersikan almarhum Martinus Yohame dengan berlumuran dara.

Pada hari Selasa 26 Agustus 2014 Pukul 03:25 WPB, petugas di rumah sakit mengamankan mayat di kamar mayat lalu mereka melakukan mis komunikasi untuk melihat mayatnya siapa dia yang sebenarnya.


Kami menemukan Almarhum di Kamar mayat dengan barang bukti seperti tali penikam, satu buah, karung goni dua buah dan sarung milik Tim SAR.

Dengan demikian Penculikan dan pembunuhan Ketua KNPB wilayh sorong raya adalah benar-benar yang dilakukan oleh TNI/Polri Republik Indonesia. Karena kejadian ini terjdi pada saat kunjuangan Kepala Negara Indonesia SBY di papua.

Hasil otopsi Jasad korban ditemukan oleh seorang nelayan, pada Selasa pagi (26/8) sekitar 07.00 WPB. mengapung di pesisir Pulau Nana, tidak jauh dari Kawasan Pulau Dom, Distrik Sorong, Kepulauan Kota Sorong.

Saat ditemukan, jasad Martinus dalam keadaan terikat erat di dalam karung.

Menurut hasil Visum yang dilakukan tim identifikasi rumah sakit umum Kota Sorong, ditemukan sebuah luka tembak di dada sebelah kiri, wajah korban juga hancur oleh pukulan benda keras.

“Kami temukan ada luka tembakan di dada kiri, dia punya muka hancur “ ungkap Yori petugas RSUD Sorong.

Kedua kaki dan dan tangan korban juga dalam posisi terikat, diduga jasadnya akan ditenggelamkan ke Laut.
Kami sampaikan kepada Dunia Internasional bahwa Kujungan SBY membawa pengorbanan malapetaka terhadap rakyat bangsa Papua Barat. Maka kami mohon dukungan internasional terhadap rakyat bangsa Papua Barat.

Oleh
BADAN PENGURUS PUSAT, KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (BPP-KNPB), AGUS KOSAY (Ketua I) dan ONES SUHUNIAP (Sekertaris Umum)




FOTO ALMARHUM KETUA KNPB SORONG, MARTINUS YOHAME
 
 
 

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "KRONOLOGIS LENGKAP PENCULIKAN DAN PEMBUNUHAN KETUA KNPB SORONG, MARTINUS YOHAME"

Music (Suara Kriting)

Followers