Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

RMS: Kami Tidak Rela, Jika Hari Pattimura Digantikan Dengan Hari Soumokil 0 Comments

By WEST PAPUA
Monday, April 22, 2013 | Posted in ,

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya“ by Soekarno.

Pada tanggal 12-13 April 2013 lalu, Pemerintah Republik Maluku Selatan (RMS) di Belanda menggelar peringatan “Hari Soumokil” secara berlebihan di tengah krisis ekonomi yang melanda negara-negara Eropa termasuk Belanda.

Mulai dari Walk 4 Maluku, Pasar Malam hingga Ride Out yang menghabiskan dana yang tidak sedikit, mengendarai sepeda motor besar (moge) mengelilingi berbagai kota untuk memperlihatkan keangkuhannya kepada masyarakat asli di negeri kincir angin tersebut.

Hal itu dilakukan pemerintah RMS hanya untuk memperingati hari kematian Dr. Chr. RS. Soumokil yang mendapatkan hukuman mati setelah dalam persidangan terbukti memimpin pemberontakan terhadap pemerintahan yang sah.

Selama ini Pemerintah RMS di Belanda tidak pernah sekali pun merayakan Hari Pattimura, lain halnya dengan masyarakat Maluku di Indonesia yang memperingatinya setiap tanggal 15 Mei sebagai hari untuk mengenang kegigihan dan perjuangan Kapitan Pattimura melawan penjajah Belanda.

Peringatan Hari Soumokil dijadikan alat oleh pemerintah RMS untuk menghapuskan perayaan Hari Pattimura di Maluku. Namun satu hal yang pasti dan tidak dapat ditawar lagi bahwa Dr. Soumokil tidak bisa disanpingkan atau disejajarkan dengan Kapitan Pattimura yang merupakan pahlawan sejati bangsa Maluku sehingga peringatan “Obor Pattimura” tidak akan pernah terhapuskan di bumi Maluku, karena itu adalah identitas kita sebagai bangsa yang besar.

To:   Presiden John Wattilete, Pemerintah Republik Maluku Selatan
Kami warga Maluku menolak dengan tegas perayaan "Hari Soumokil" sebagai salah satu alat untuk menggantikan peringatan "Hari Pattimura" di Bumi Maluku. 

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "RMS: Kami Tidak Rela, Jika Hari Pattimura Digantikan Dengan Hari Soumokil "

Music (Suara Kriting)

Followers