Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

LAMBANG DAN BENDERA REPUBLIK MALUKU SELATAN 0 Comments

By WEST PAPUA
Monday, April 22, 2013 | Posted in ,


Lambang Negara

Lambang resmi negara Republik Maluku Selatan –seperti yang ditetapkan pada tanggal 9 Mei 1950 oleh pemerintah RMS -memperlihatkan seekor burung pombo (merpati) yang hendak terbang dengan sayap setengah terbuka serta dalam paruhnya tersemat sebuah tangkai lambang perdamaian. Di dadanya terlukis gambar parang, salawaku (perisai), dan tombak.
Burung pombo mempunyai peranan penting dalam sejarah Maluku Selatan. Berdasarkan salah satu legenda (cerita rakyat) Maluku Selatan, diceritakan bahwa seorang tokoh Maluku yang terkenal bernama Kapitan Jonker beserta istrinya menjelma menjadi dua ekor pombo putih pada akhir hidup mereka. Kedua burung pombo putih tersebut terbang dari Jakarta, di pulau Jawa, pulang ke Maluku Selatan. Sampai sekarang, jika terlihat dua ekor pombo putih sedang terbang, hal itu dianggap sebagai sebuah pertanda keberuntungan.

Bendera Maluku Selatan
Bendera Republik Maluku Selatan (Benang Raja) adalah perlambang negara dan persatuan rakyat. Empat corak warna; biru, putih, hijau, dan merah tersebut dipilih bukan tanpa maksud. Justru masing-masing warna memiliki makna secara mendalam:

Biru
Warna biru melambangkan lautan Maluku Selatan yang penuh dengan kekayaan alam, seperti ikan, mutiara, teripang, dan rumput laut. Laut dan kekayaan di dalamnya berperan penting dalam kehidupan sehari-hari di Maluku Selatan. Warna biru melambangkan pula kesetiaan rakyat Maluku Selatan kepada tanah air mereka.

Putih
Warna putih melambangkan kemurnian dan kesucian perjuangan rakyat Maluku Selatan serta kedamaian yang selalu ingin dihadirkan oleh rakyatnya. Warna putih juga menggambarkan pantai-pantai di Maluku Selatan, di mana ombak berdebur tak hentinya
.

Hijau
Warna hijau melambangkan kesuburan dari kepulauan Maluku Selatan sebagai tempat tumbuhnya hasil-hasil alam, di antara lain sagu, kelapa, pala, dan cengkeh –yang merupakan tumbuhan khas Maluku.

Merah
Warna merah melambangkan darah rakyat Maluku Selatan yang telah tertumpah dalam perjuangan menghadapi para penjajah. Warna merah yang adalah warna pokok ini merupakan “asa” –asal mula segala aspek kehidupan bertumbuh. Yang terkenal pula adalah “kain berang”, kain berwarna merah yang dipakai sebagai ikat kepala ataupun dipakai melingkari leher atau tangan. Warna ini melambangan keberanian rakyat Maluku Selatan.





































Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "LAMBANG DAN BENDERA REPUBLIK MALUKU SELATAN"

Music (Suara Kriting)

Followers