Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

JALAN BARU KE MSG, KELOMPOK PEMBEBASAN PAPUA RENCANAKAN REKONSILIASI DI VANUATU 1 Comments

By WEST PAPUA
Tuesday, July 15, 2014 | Posted in , , ,

    Kelompok pembebasan Papua Barat bersama simpatisan dari Front Pembebasan Kanaky (FLNKS) (Jubi/Victor Mambor)
    Kelompok pembebasan Papua Barat bersama simpatisan dari Front Pembebasan Kanaky (FLNKS) (Jubi/Victor Mambor)
    Jayapura, 15/7 (Jubi) – Pastor Alain Nafuki, anggota Dewan Gereja Vanuatu, telah ditunjuk oleh Kelompok Pembebasan Papua di Pasific menjadi Ketua dari sebuah Komite yang bertugas mengorganisir Konferensi Kelompok-Kelompok Pembebasan Papua yang akan diselenggarakan di Port Villa, Vanuatu, bulan Agustus mendatang.
    “Tujuan pertemuan ini adalah agar berbagai Kelompok Pembebasan Papua mendiskusikan dan mengatur aplikasi keanggotaan Papua Barat di Melanesia Spearhead Group secara terpadu.” kata Pastor Nafuki, melalui surat elektronik yang diterima Jubi, Senin (15/7) sore.
    Dewan Gereja Vanuatu, Perwakilan Pemerintah Vanuatu, kata Pastor Nafuki akan terlibat dalam mengorganisir konferensi ini yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27-30 Agustus.
    “Ada beberapa kelompok pembebasan Papua diundang, tetapi Chief (tetua adat) Vanuatu akan memfasilitasi proses rekonsiliasi Melanesia.” tambah Pastor Nafuki.
    Pastor Nafuki menegaskan, jika kelompok Papua ini datang ke Vanuatu maka rakyat Vanuatu akan memberikan jalan bagi kelompok-kelompok (faksi) untuk berdamai. Vanuatu juga akan melayani dan membantu setiap proses unifikasi jika itu diperlukan.
    Andy Ayamiseba, perwakilan West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) di Vanuatu membenarkan rencana rekonsiliasi ini.
    “Pemerintah Vanuatu akan mengundang 3 faksi besar WPNCL, NRFPB dan KNPB/Free West Papua Campaign untuk membentuk suatu organisasi payung untuk mengajukan permohonan baru ke MSG.” kata Andy Ayamiseba kepada Jubi.

    Seperti diketahui, pada akhir bulan Juni lalu, Melanesia Spearhead Groups (MSG) telah menolak permohonan keanggotaan yang diajukan oleh WPNCL. Namun pada saat yang sama, para pemimpin MSG ini meminta Papua Barat untuk mengajukan aplikasi keanggotaan yang baru melalui satu organisasi payung dan dilakukan secara terpadu. (Jubi/Victor Mambor)
    SUMBER:http://tabloidjubi.com/

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

1 komentar for "JALAN BARU KE MSG, KELOMPOK PEMBEBASAN PAPUA RENCANAKAN REKONSILIASI DI VANUATU"

Music (Suara Kriting)

Followers