Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

Injil Yang Benar Sudah ada Sebelum Masuk Agama di Tanah Papua 0 Comments

By Mypapua
Saturday, December 7, 2013 | Posted in , ,

Sebenarnya, injil sudah ada sebelum para Misionaris beroperasi di Wilayah Papua. Mengapa kata demikian, Orang berbicara tentang kasih Tuhan dalam versi Alkitab, tentu para leluhur juga sudah pernah diterapkan. Yang menjadi persoalan buat generasi sekarang adalah kita sering mengabaikan budaya yang benar sesuai konteks versi Alkitab. Tetapi terkadang membuat kita mengabaikan dan melupakan budaya kita sendiri, dianggap sesuatu yang primitif. Jika kita hanya berpijak pada era modern ini, budaya tentu akan menuntut dimanapun kita berada. Bahkan umur kita juga akan terbatas karena kita hanya hidup dari budaya orang lain.

Kehidupan generasi akan berdampak dekadensi nilai-nilai kultur yang benar sesuai pola hidup orang papua. Oleh karenanya, Perlu kita sadari dan mengembangkan budaya yang benar itu, dapat diterapkan dan diaplikasikan secara menyeluruh tanpa terpengaruh dengan akulturasi budaya.

Alkitab menjadi pedoman dan bahan refleksi buat generasi serta diversikan dengan budaya para leluhur itu. Yang perlu kita atasi bersama adalah budaya perang saudara atau konflik sosial yang sering terjadi di papua terutama daerah-daerah pedalaman Papua. Seharusnya, budaya perang suku atau perang keluarga itu, punya kaidah-kaidah atau aturan-aturan perangnya. Namun perang yang sering terjadi di papua itu, tidak sesuai dengan perang para leluhur sebelum masuk injil.

Budaya perang suku atau konflik sosial sekarang telah terkontaminasi dengan akulturasi budaya orang lain sehingga memakan korban jiwa manusia papua terus-menerus terjadi. Mungkin saja perang suku itu, kepentingan tertentu dari sekelompok orang untuk mendapatkan nafkah pada saat kompetisi politik.Generasi papua harus berfikir secara akurasi atas tindakan-tindakan selanjutnya.

Salah satu contoh budaya perang para leluhur, yang memang pernah terjadi adalah Apabila seorang pria sudah memperkosa atau berhubungan badan dengan istri dari suami orang Lain, tentu diantara si laki-laki dan perempuan tanpa diampuni menghabiskan kedua nyawa diatas gantungan panahan. Karena apa yang diperbuat si laki-laki dan perempuan itu, sudah melanggar budaya perang para leluhur. Pihak dari suami si istri bersama pihak dari pelaku laki-laki berkumpul untuk berunding agar kedua pelaku dinyatakan melanggar hukum Adat. Selanjutnya, kedua pelaku di gantungkan diatas kayu yang berbentuk salib agar semua masyarakat dari pihak laki maupun perempuan bisa menembak panah beracun sehingga persoalan itu dapat terselesaikan.

Budaya perang suku atau konflik sosial bukan melibatkan pihak lain, tetapi mencari kedua oknum atau pelaku agar bagaimana cara untuk menyelesaikan kasus itu secara kekeluargaan. Untuk itu, Biarlah kepada generasi muda tidak akan terpengaruh hal negatif atau merugikan orang lain tak terjadi di papua lagi. Salom (M/ YG)
Sumber: FB

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Injil Yang Benar Sudah ada Sebelum Masuk Agama di Tanah Papua"

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers