Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Kronologis Penangkapan Aktivis KNPB Nabire 0 Comments

By WEST PAPUA
Thursday, September 19, 2013 | Posted in , , ,

(KNPB AKTIVIS DI PUKUL GABUNGN TNI/POLRI)

Pada tanggal 16 September 2013 pagi sebelum berangkat aksi, Ketua KNPB Nabire Sadrak Kudiai membagi titik yang sudah di tentukan, Titik–titik kumpul Jam 05 00 WPB

Nabire--- Titik Kumpul di pasar karang memakai mobil komando dan perangkat aksi Genset, Ampli, Stapol toa 3 buah Tali komando dua gulung besar baru di beli.

Sampai di pasar karang depan toko sumber abadi di hadang oleh Brimab dan Polisi dengan Peralatang lengkap masuk di tempat aksi, Mobil komando dan korlap Yapet keiya di alikan ke arah girimulyo lewat depan kelurahan mengarah ke barat tibah di depan Pintu masuh  TNI Yonif 753, Mengarah kearah utarah mobil komando tiba di depan pintu masuk gereja Efata ( KINGMI) mau, masuk dari arah barat ketempat karna dari timur samping Toko sumber abadi di arahkan ke girimulyo , Maka masuk dari arah barat.

Setiba di depan pintu masuk Efata ,Mobil komando dan korlap aksi Yafet Keiya dan Otoparianus Kudiai di tanya, Seorang anggota Brimob menanya kepada sopir  mobil komando yang dibawah oleh Otoparianus Kudiai, mana sim lalu sopir menggeluarkan sim dari dompet, Dompet sopir di ambil oleh Brimob (Bukan lantas), Brimob tak di ketahui nama karna memakai rompi anti peluruh.

Brimob Menodong dengan Samuri panjangnya setenga meter kepada sopir, Sopir dari dalam mobil komando di seret keluar dan di pukul injak, Hingga Bibir atas pecah mengalami pembengkakan pendarahan, Yafet Keiya di pukul memakai kayu di bahu kiri pergelangan dengan kayu hingga mengalami pembengkakan.

Di pasar karang yang di tanggap adalah otto kudiai, Daud Giyai, Anipa pigai, Yafet Keiya, Stepanus Pigai, dan di masukkan dalam mobil truk polisi di bawah ke kontor Polres saat perjalanan 5 anggota KNPB di tendang di tinju di injak–injak di tendang mamakai sepatu laras. dipukul pake popor senjata.

Titik kumpul RSUD Siriwini Korlap di pimpin Desederius Goo, Sedang menungguh massa aksi menjelang 30 menit datang 1 truk polisi datang turun langsung mengerumini belasan masa, Masa  ketakutan meliahat senjata, kata Marius Degei mengatakan kepada polisi, Kenapa saya mau di tangkap,tindakan aparat Polisi langsung menodong di hidungnya.

Dengan wajah seram memandang kepada Stepanus Mote dan mengeluarkan kata yang keras kalo ko lari kami tembak kasih pica ko punya kepala .

Seluruh perangkat aksi di sita dan seluruh anggota KNPB di tangkap dan di masukkan kedalam truk polisi, Marius Degey, Anton Gobai, Yulison Nawipa, Merfin Nawipa, Stepanus Mote Desederius Goo, Deky Goba. 
 
Seluruh  Jumlah anggota KNPB yang di tangkap titik kumpul aksi karang tumaritis dan di depan RSUD 1`. Otoparianus Kudiai, 2. Anton Gobay, 3. Yulison Nawipa, 4. Marfin Nawipa, 5. Stepanus Mote, 6. Desederius Goo, 7. Deky Gobay, 8. Kristina Yeimo, 9. Marius Degey,10. Daud Giyai, 11. Anipa Pigai, 12. Yafet Keiya, 13. Stepanus Pigai,14. Agustina Gobai

Di interogasi di Polres, Anipa pigai di tendang dengan keras memakai sepatu laras hingga hidung berdarah dan alis mata karena pecah mengeluarkan darah dan bengkak, Marius di seterum di bagian tanggan kiri mengalami luka. Setelah anipa Pigai dan Otoparianus Kudiai bibir pica bengkak mengeluarkan darah pukulan yang di lakukan anggotanya polisi, Kaporles Nabire Menawarkan mereka untuk di bawah ke Dokter tapi seluruh anggota KNPB menolak, tawar saat berada di Polres .
Penangung jawab PARLEMEN NASIONAL PAPUA BARAT [PNWP] BUKTAR TABUNI yang mewakili Habel nawipa, Abiut you, Agus Tebai Melobi untuk di keluarkan sehingga semua anggota KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT [KNPB] Di keluarkan, Menyampaikan kepada polisi bahwa kami mau aksi kembali maka beri kami tempat, Habel meminta di pasar karang, Polisi  memberi waktu hanya 5 jam.
Setelah titik aksi di pusatkan di pasar  karang  Seluruh masa aksi banyak yang ketakutan karna TNI, polisi, Brimob Gabungan di arahkan di tiga mata jalan menuju titik aksi pasar karang, hingga banyak yang pulang, TNI melakukan penyisirang di kelurahan karang tumaritis melalui Gang-gang rumah depan warga. 
(aksi demo masa  dan dukungan)
(aksi demo masa  dan dukungan)
(aksi demo masa  dan dukungan)
(aksi demo masa  dan dukungan)
(setelah aksi demo KNPB, TNI skitar 15 kompi 753 oprasi wilayah nabire Jam 12.00)


Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Kronologis Penangkapan Aktivis KNPB Nabire "

Music (Suara Kriting)

Followers