Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

Hari Demokrasi Internasionsl, Polisi Tangkap & Intimidasi 53 Aktivis KNPB 0 Comments

By Mypapua
Monday, September 16, 2013 | Posted in

RIBUAN MASSA RAKYAT PAPUA BERSAMA KNPB-PRD WILAYAH TIMIKA  MEMPERINGATI HUT DEMOKRASI INTERNASIONAL
Jayapura– Hendak peringati hari demokrasi Internasional, Polisi Indonesia menangkap dan mengintintimidasi rakyat yang hendak demo damai di Jayapura, Waena dan Sentani hari ini (16/9). Sebanyak 53 aktivis KNPB dan rakyat  Papua ditangkap. Sedang, brosur, Spanduk dan Toa dibakar Polisi.Menurut pantauan di lapangan, sekitar pukul 7.00 pagi beberapa aktivis KNPB dibawah pimpinan Ketua 1 KNPB, Agus Kosay dan Uchak Logo yang hendak berorasi di Putaran Perumnas 3 ditangkap Polisi dengan kekuatan penuh. Salah satu anggota KNPB bernama Jumex Komba ikut ditangkap.

Di Taman Imbi Jayapura, sekitar 14 aktivis KNPB yang hendak berorasi ditangkap oleh anggota Polresta Jayapura. Mereka adalah; 1) Ogram Wanimbo, 2) Oteka Tabuni, 3) Regi Wenda, 4) Jimi Buruai, 5) Tony Kobak, 6) Ribka Kobak, 7) Nias Wanimbo, 8) Mulu Kobak, 9) Kipas Tabuni, 10) Soa Mabel, 11) Denius Tabuni, 12) Nus Wanimbo, 13) Meksi Yando, 14) Merius Tabuni.
Pada pukul 9.00 pagi, di Expo Waena, massa aksi dibawah Pimpinan Warius Wetipo kembali dibubarkan paksa. Gabungan TNI Polri menangkap 7 aktivis KNPB yakni; 1) Warius Warpo Wetipo, 2) Henny Rumkorem, 3) Ukum Himan, 4) Anton Gobay, 5) Yas Wenda, 6) Yufri Wenda, 7) Rinal Wenda. Mereka dipukul dan perlengkapan aksi seperti spanduk, brosur dan Toa diambil Polisi.
Sedangkan di Sentani, aksi demo dibawah pimpinan Ketua KNPB Wilayah Sentani Allen Halitopo diblokade Polisi di beberapa titik. Polisi menangkap, mengintimidasi aktivis bersama rakyat Papua yang demo damai. Awalnya sebanyak 9 massa ditangkap dan dibawa ke Polsek Sentani. Mereka adalah, 1) Noldi, 2) Victor, 3) Onny, 4) Carles, 5) Topianus, 6) Jhon, 7) Matius,  8) Yoniel, 9). Agus.
Sementara itu di titik yang berbeda, polisi kembali menangkap ratusan aksi massa yang dipimpin Alen Halitopo; 20 aktivis diantaranya dibawa ke Polres Doyo. Mereka adalah; 1) Allen Halitopo, 2) Jhon Suhun, 3) Maris Tabuni, 4) Rudy Wenda, 5) Abel Wantik, 6) Esau Tabuni, 7) Yosua Wenda, 8) Marius Wenda, 9) Elinus Wenda, 10) Kanius Tabuni, 11) Esony Tabuni, 12) Erius Wandikbo, 13) Yulinus Tabuni, 14) Maikel Tabuni, 15) Sikolon Tabuni, 16) Das Tabuni, 17) Orius Tabuni, 18) Aris Gombo, 19) Yupiter Wandikbo, 20) Tina Wenda.

Di Sentani, mereka ditendang dan semua perlengkapan aksi demo damai diambil Polisi.  Polisi tidak berhasil menemukan bukti pidana sehingga semuanya dilepas pada siang hari ini.

Aksi yang berbuntut intimidasi dan penangkapan ini hendak dimediasi KNPB, guna memperingati hari demokrasi internasional, juga dalam rangka memberikan dukungan kepada MSG untuk mendaftarkan West Papua sebagai anggota MSG, Selain itu, Aksi ini sebagai dukungan kepada Rencana Perdana Menteri Vanuatu, Moana Carcasses Kalosil untuk membicarakan masalah West Papua di PBB. (wd)
sumber:KNPBnews

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Hari Demokrasi Internasionsl, Polisi Tangkap & Intimidasi 53 Aktivis KNPB "

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers