Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Seruan: 1 Mei 1963, Indonesia secara ilegal menduduki wilayah Papua 0 Comments

By WEST PAPUA
Wednesday, April 24, 2013 | Posted in , ,

"50TH Indonesia di Papua, Cukup Sudah!!

1 Mei 1963, Indonesia secara ilegal menduduki wilayah Papua. Pada 1 Mei 2013 nanti, tepat sudah 50 tahun atau setengah abad lamanya Indonesia menganeksasi Papua kedalam NKRI. Pada tanggal itu, Indonesia akan berpesta pora merayakan kejayaannya membunuh, memperkosah, merampas, mencuri, dan menguasai tanah dan manusia Papua. Sedangkan rakyat Papua akan memperingatinya sebagai hari kedukaan nasional. Hari dimana Rakyat Papua mengenangnya sebagai hari awal penderitaan bangsa Papua. 

Selama 50 tahun, bangsa Papua meratapi hidup penuh penderitaan dalam kekuasaan penjajah Indonesia. Diatas negeri emas, anak negeri mati terkurap busung lapar. Migran luar (pendatang) seakan-akan menjadi penghuni, penguasa dan pemilik tanah Papua, sedang kami yang hitam keriting terpinggir, terpojok, terkucil, tertindas, terperangkap dalam rantai penguasa dan pendatang diatas tanah pusaka milik bangsa Papua.

Cukup sudah! Kami bukan bangsa budak, kami bangsa bermartabat. Kami tidak butuh Indonesia di Papua. Orang Papua tidak pernah mengundang apalagi menghendaki Indonesia untuk menginjakan kakinya diatas tanah Papua pada 1 Mei 1961. Kami tidak pernah berintegrasi dalam Indonesia, tetapi Indonesia menganeksasi bangsa Papua dengan paksa dibawah todongan senjata. Karena itu, pendudukan Indonesia diatas tanah Papua adalah ilegal sesuai hukum internasional dan berstatus PENJAJAH diatas tanah Papua.

Komite Nasional Papua Barat [KNPB] menyeruhkan kepada seluruh rakyat Papua, baik diluar maupun yang ada diatas tanah Papua agar segera mobilisasi massa rakyat Papua untuk mengenang dan memperingati 50 tahun pendudukan kolonial Indonesia di Papua dalam bentuk Aksi Damai, Ibadah dan atau Mimbar Bebas di Gereja atau di Lapangan Terbuka, pada tanggal 1 Mei 2013, dengan Thema Central :
  • “ 50th Indonesian Illegal Occupation in West Papua”.
  • Indonesia Annexed West Papua Illegally; We Need the Right of Self-Determination
Demikian seruan ini dibuat dengan penuh bertangung jawab, demi kepentingan kemanusiaan bangsa Papua, keadilan bangsa Papua, Martabat,  dan harga diri bangsa Papua.
“Kita Harus Mengakhiri”
 Numbay, 23 April 2013
Badan Pengurus Pusat
KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT [KNPB]
Victor F. Yeimo
Ketua Umum

sumber: http://knpbnews.com/blog/archives/1681#more-1681

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Seruan: 1 Mei 1963, Indonesia secara ilegal menduduki wilayah Papua"

Music (Suara Kriting)

Followers