Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

BUKU MENUJU PAPUA TANAH DAMAI DILUNCURKAN 0 Comments

By WEST PAPUA
Friday, July 26, 2013 | Posted in , ,

Suasana peluncuran buku menuju papua tanah damai (Jubi/Musa)

Jayapura– Buku “Menuju Tanah Papua Damai, Perspektif Non Papua” yang ditulis oleh Latifah Anum Siregar dan kawan-kawan Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP) diluncurkan di Rempah Rempah Cafe, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (26/7).

“Yang paling menarik saat mendiskusikan Otonomi Khusus (Otsus). Kita sering mendengar dari orang Papua yang mengatakan Otsus gagal, kita jarang mendengar pendapat dari orang non Papua. Padahal dalam proses yang kami lakukan, banyak sekali pandangan-pandangan beragam tentang Otsus itu sendiri,” ungkap Latifah Anum Siregar, Direktur ALDP dalam acar peluncuran.

Menurutnya, hasil buku ini sebenarnya cukup banyak karena berasal dari rekaman notulensi konsultasi publik yang dilakukan, tetapi pihaknya bagi menjadi dua kelompok. “Saya berharap buku ini menjadi referensi untuk menetapkan berbagai regulasi dan juga bagaimana proses Papua menuju Tanah Damai yang sesungguhnya,” kata Anum, begitu dia sering disapa.

Di tempat yang sama, Mgr. Leo Labaladjar, OFM, Uskup Jayapura mengatakan, bila bicara tentang Papua tanah damai, sebenarnya pemimpin-pemimpin agama di Papua sudah lama berbicara tentang hal ini. “Saya senang Jaringan Damai Papua dan Aliansi Demokrasi untuk Papua berani bicara tentang Papua tanah damai,” kata Leo Labaladjar.

Menurutnya, yang dituju dalam dialog adalah satu visi yaitu ruang publik bagi Papua dalam dialog. Dialog bukan cuma sekadar omong-omong. Pokok dialog bukan hanya masalah politik, pokok penafsiran sejarah masuknya Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Semua komponen kehidupan menantang untuk didialogkan karena itu kami merasa tepat bila fasilitator mengangkat lima bidang sebagai indikator, yaitu politik, keamanan, hukum dan HAM, sosial, budaya untuk maju mundurnya perjalanan Papua menjadi tanah damai. (Jubi/Aprila Wayar)
 
Sumber: http://tabloidjubi.com/2013/07/26/buku-menuju-papua-tanah-damai-diluncurkan/

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "BUKU MENUJU PAPUA TANAH DAMAI DILUNCURKAN"

Music (Suara Kriting)

Followers