Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

BESOK AMP, PROTES “PEPERA 1969” DI BEBERA KOTA DI JAWA 0 Comments

By WEST PAPUA
Sunday, July 14, 2013 | Posted in , , , ,



JOGYA—Besok hari Senin 15 Juli 2013, Alianasi Mahasiswa Papua (AMP), melakukan Protes Keras Terhadap Negara Republik Indonesia, tentang Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969. AMP menilai  ‘Pepera Cacat Hukum’ didalamnya melaksanakan PEPERA yang tidak demokratis, penuh teror, intimidasi dan manipulasi serta adanya pelanggaran HAM berat. 

Dengan itu, AMP Akan melakukan Aksi Mimbar Bebas, Diskusi, di beberapa Kota Jawa Yakni; Banduang, Jakarta, Yogayakarta, dan Surabaya. untuk  memperingati 44 tahun Hak kedaulatan Papua Barat di Curi oleh Indonesia saat itu. Hal ini disampaikan melalui Seruan Aksi yang di Kirim ke malanesia.com. pada (13/07/2013).

Awalnya 15 Agustus 1962,  Belanda dengan Indonesia mengadakan perundingan dengan  Perjanjian New York”. Perjanjian ini terdiri dari 29 Pasal yang mengatur 3 macam hal. Diantaranya Pasal 14-21 mengatur tentang “Penentuan Nasib Sendiri (Self Determination) yang didasarkan pada praktek Internasional yaitu satu orang satu suara (One Man One Vote)”
 .
Namun, di Indonesia sejak itu, melakukan  memobilisasi Militer secara besar-besaran ke Papua untuk meredam gerakan Pro-Merdeka rakyat Papua. Operasi Khusus (OPSUS) yang diketua Ali Murtopo dilakuakan untuk memenangkan PEPERA diikuti operasi militer lainnya yaitu Operasi Sadar, Operasi Bhratayudha, Operasi Wibawa dan Operasi Pamungkas. 

Akibat dari operasi-operasi ini terjadi pelanggaran HAM yang luar biasa besar, yakni penangkapan, penahanan, pembunuhan, manipulasi hak politik rakyat Papua, pelecehan seksual dan pelecehan kebudayaan dalam kurun waktu 6 tahun.

Hingga  14 Juli – 2 Agustus 1969, PEPERA dilakukan. Dari 809.337 orang Papua yang memiliki hak, hanya diwakili 1025 orang yang sebelumnya sudah dikarantina dan cuma 175 orang yang memberikan pendapat. Pepera dimenangkan dengan tekanan kekuatan militer Indonesia. 

Indonesia hingga saat ini,  untuk meredam aspirasi prokemerdekaan Papua. Militer menjadi tameng yang reaksioner dan kesenjangan sosial/kesejahteraan menjadi alasan untuk menutupi aspirasi kemerdekaan rakyat Papua dari pandangan luas rakyat Indonesia dan masyarakat Internasional. 

Melihat situasi ini, Roi K. ketua Ampa Kota Jogyakarta mengajak untuk Mahasiswa Papua yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya segerah gabung dalam Aksi mimbar bebas besok akan dilakukan di Depan Bundaran UGM,  Pagi Pukul :08:00 Waktu Jogya.

Tambah lagi, “Undang-undang Organisasi Masa (UUOrmas) baru,  disahkan  tetapkan oleh Negara ini, tetapi itu bukan hambatan buat kami, dalam Proses Perjuangan Papua Merdeka, Justru memberikan Semangat jiwa Patriot, untuk memperjuangkan Hak untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua. Yakni bebas dari Pejajahan dan Penindasan dari Indonesia (M/Andy)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "BESOK AMP, PROTES “PEPERA 1969” DI BEBERA KOTA DI JAWA"

Music (Suara Kriting)

Followers