Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

5000 masa KNPB di Yahukimo protes insiden 1 mei 2013 dan mendukung peluncuran kantor OPM di Oxford, Inggris | Seluruh aktivitas Kota Dekai Lumpu Total 1 Comments

By WEST PAPUA
Tuesday, May 14, 2013 | Posted in , ,

YAHUKIMO-  seperti yang direncanakan sebelumnya Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Yahukimo melakukan demo damai di kantor Bupati Lama Yahukimo.  5000  Rakyat Bangsa Papua barat di Yahukimo melakukan aksi protes atas insiden Aimas, Timika,  Biak  dan Serui 1 Mei 2013 yang  di lakukan oleh TNI-Polri  sekaligus mendukung  Peluncuran Kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM)  di Oxford, Inggris dan  mendukung pemerintah Vanuatu yang akan mendaftarkan Papua Barat sebagai anggota tetap dalam Melanesian Spearhead Groups (MSG) pada bulan juni nanti.

Kronologis. Pada pukul 07.00 waktu Dekai, Koordinator Lapangan Alfred alias Tonny Kobak yang di kawal ketat Militan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) melakukan pawai keliling Kota Dekai Kab. Yahukimo. Demo damai itu sendiri di pusatkan di Kantor Bupati Lama Dekai. 5000 masa ini masuk dari tiga ara, dari Jalan Gunung, Jalan Seradala dan Ruko.

Data yang berhasil di himpun media rakyat, media nasional (KNPB) seluruh aktivitas kota Dekai lumpu total. sepanjang kota Dekai, kios-kios, ruko-ruko dan pasar tidak ada aktivitas. Tokoh dan ruko orang amber (jawa) juga tidak buka.  Kanntorpun dilipurkan (lipur sendiri). Semua mahasiswa asal Yahukimo juga sebelum bergabung dengan masa aksi yang lain mereka melakukan pertemuan di aula pendidikan kabupaten yahukimo. Para mahasiswa Yahukimo dari berbagai perguruan tinggi di Yahukimo, di Papua dan indonesia yang hendak berada di Yahukimo menyatakan mendukung Kemerdekan Papua. Selama ini mahasiswa Yahukimo diam, ini saatnya mahasiswa bicara. Jelas salah seorang mahasiswa di depan massa.

5000 masa yang malakukan protes atas kekejaman biadap militer NKRI di atas tanah Papua memadati Lapangan. Mereka membawa sejumlah pamplet yang bertulisan Mr. Benny Wenda Pemimpin Bangsa Papua Barat, INRI is Ilegal in West Papua, West Papua Emergency dan juga membawa sebuah spanduk yang bertulisan Papua Zona Darurat Militer Segera Intervensi Internasional.

Masa aksi Demo damai yang di mediasi KNPB wilayah yahukimo datang memadati lapangan tersebut dengan yel-yel Papua Merdeka, Referendum dan Penentuan nasib sendiri.

Pada pukul 11.00 melakukan orasi-orasi politik terbuka di lapangan tersebut, sejumlah orator melakukan orasi sili bergantian baik dari perwakilan pemuda, Mahasiswa, tokoh gereja, aktivist HAM independen, dan tokoh adat, KNPB, TPNPB, OPM dan Parlemen.

Akhri dari demonstrasi ini sejumlah anak – anak generasi penerus bangsa ini di doakan oleh Pimpinan 7 denominasi Gereja di Yahukimo. Anak – anak usia  di bawa 12 tahun ini masing – masing dari 7 suku besar di yahukimo. Suku Yally 5 orang anak, suku hubla 5 suku Kimyal 5 dan di ikuti suku yang lain.

Ketua KNPB wilayah Yahukimo Erius Suhun usai kegiatan mengatakan dirinya mengundang 5 orang anak dari 7 suku untuk di doakan oleh para hamba Tuhan dari 7 denominasi gereja di Yahukimo. Mereka di doakan oleh hamba Tuhan. Ya, mereka di doakan karena nanti kita generasi sekarang ini lewat mereka ini yang akan mewarisi 7 suku besar Yahukimo.

Selain itu di depan Panggung terlihat sebuah Pamplet yang bertulisan Mr. Benny Wenda Pemimpin Bangsa Papua. Ketika di tanya soal pamplet tersebut salah seorang yang namanya tidak mau di mediakan, ia mengatakan “ ini baru awal kami buat, memang Benny Wenda itu pemimpin kami, jadi saatnya kita mengangkat nama dia (Mr. Benny Wenda,red) jelasnya.
 Berikut adalah pernyataan Sikap Politik :

      Sejak 1960 pendudukan  militer organik dan non-organik indonesia di bagian Barat Palau Papua secara ILEGAL data fakta menunjukkan bahwa Lebih dari 500.000 orang tidak bersalah telah dibunuh oleh militer Indonesia di Papua Barat. Militer NKRI atas nama keamanan negera mereka membunuh Umat Tuhan yang tak berdosa.

 ”Sejak saat itu, polisi dan militer Indonesia terus melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang mengerikan dan pembunuhan untuk mengamankan kekuasaan mereka. Diperkirakan bahwa lebih dari setengah juta etnis Papua telah dibunuh oleh pasukan Indonesia sejak awal pendudukan.

  Para aktivist Papua Merdeka, TPNPB-OPM dan rakyat sipil West Papua mendapat perlakuan buruk yang tidak manusiawi oleh militer indonesia.  Pembunuhan terus berlanjut hingga sekarang, pada 30 April  2013 di Sorong TNI-Polri telah menembak mati Apner Malagawak (22), Tomas Blesia (28), Salomia Klaibin (37) sedangkan Herman Lokden (18) dan Andreas Sepisa (32) masih di rawat di rumah sakit.
  Di Timika 1 Mei 2013 sebanyak 16 Rakyat Sipil di tangkap dan di siksa dalam penjara. Di Biak, 5 warga sipil di tangkap dan di Serui 1 Warga di tangkap.  Pembunuhan, penangkapan, penyiksaan dan pemerkosaan terhadap Manusia Bangsa Papua Barat serta pengekploitasi kekayaan alam Papua merupan konspirasi negera yang berkelanjutan  untuk membumi hanguskan Papua Barat, hingga saat ini. Untuk itu kami rakyat Bangsa Papua Barat di Yahukimo, menuntut :
  1. Gubernur, Pangdam dan Kapolda bertanggung jawab atas insiden Aimas, Sorong, dan segera bebaskan Tahanan Politik di Timika, Sorong, Biak dan Serui.
  2. Mendesak Jakarta agar membuka akses Jurnalis Internasional dan Pelapor Khusus Dewan HAM PBB ke Papua.
  3. Pemerintah NKRI segera tarik pasukan militer organsik dan non-organik dari tanah Papua
  4. Rakyat  Bangsa Papua Barat, di YAHUKIMO  berterima kasih kepada dan menyambut positif niat baik :
1)      Pemerintah walikota  Inggris Mohammed Abbasi  yang telah mengijinkan untuk meluncurkan Kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Oxford, Inggris.

2)      Pemerintah Moana Carcasses  perdana mentri Vanuatu,  Menteri Fiji dan Ketua Melanesian Spearhead Groups (MSG) Frank Bainimarama bermaksud agar West Papua didaftarkan menjadi anggota penuh dalam MSG pada bulan Juni mendatang.

Demikian peryataan kami.
Somahi, 13 Mei 2013

“Salam Revolusi Kita Harus Mengakhiri”
Ketua Parlement Rakyat Daerah (PRD)
Yahukimo
Ttd.
Aminus Balingga
Berikut photo-photonya :
5000 massa Rakyat Bangsa Papua 13 Mei 2013 di Yahukimo


Anak – Anak Generasi Penerus Bangsa Papua di Dekai dari perwakilan 7 suku saat di doakan oleh Pimpinan Gereja 13/5/2013
Koordinator Aksi, Alfred alias Tonny Kobak saat Orasi 13/5/2013

Sebuah Pasar (Pasar Lama Dekai) yang biasanya orang ramai namun pada 13 Mei mei 2013 terlihat sepi, karena semua rakyat di daerah tersebut mengikuti aksi demo damai 13/5/2013



Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

1 komentar for "5000 masa KNPB di Yahukimo protes insiden 1 mei 2013 dan mendukung peluncuran kantor OPM di Oxford, Inggris | Seluruh aktivitas Kota Dekai Lumpu Total "

Music (Suara Kriting)

Followers