Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Mencari kebenaran 0 Comments

By Kabar Mapegaa
Friday, May 22, 2015 | Posted in

Foto.Doc Ist Benny Wenda
Layar Ditembak 2013/04/26 di 02.04.00 Tapi untuk Benny, pertanyaan tetap. Sementara ia bisa berbicara tentang pengalaman mengerikan sendiri, ia masih mengerti sangat sedikit dari konflik yang lebih luas dan konteks di mana penderitaan pribadinya - dan bahwa desanya - telah terjadi. Frustrasi dengan kurangnya informasi yang diberikan di sekolah, dan penolakan ibunya untuk menjawab pertanyaan, ia mencari informasi tentang sejarah Papua. Dia mencari perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, perpustakaan universitas. Tapi dia tidak menemukan apa pun. 'Mengapa kita hanya mempelajari sejarah Indonesia? Sejarah Jawa, Sumatera dan Bali? Dimana sejarah Papua? ' tanyanya.

Selama tahun 1980, dan bahkan ke awal 1990-an, ada sangat sedikit sejarah atau diskusi tertulis tentang keadaan penggabungan Papua ke Indonesia atau peristiwa yang diikuti. Akhirnya, melalui bercerita, Benny datang untuk belajar bagaimana Belanda telah mempertahankan kontrol dari provinsi setelah 1945 dan kemerdekaan yang dijanjikan. Dia tahu tentang deklarasi kedaulatan Papua pada tanggal 1 Desember 1961 tentang bendera Papua Barat (Bintang Kejora), lagu kebangsaan (Hai Tanahku Papua), invasi Indonesia dan 1969 'Act of Free Choice' ketika sekelompok kecil tangan-dipetik Papua diintimidasi dalam voting untuk integrasi dengan Indonesia.

Akhirnya ia mengerti akar penyebab mengapa orang Indonesia diperlakukan Papua Barat seperti yang mereka lakukan. Namun pada saat itu, Benny mengingatkan bahwa tidak ada diizinkan bahkan untuk menggunakan kata 'Papua' atau 'Papua Barat', hanya 'Irian Jaya', apalagi membahas sejarah Papua publik, budaya atau identitas. Buku disensor. Tapi mengetahui asal-usul sejarah penindasan itu cukup. Dari dekade kekerasan, diskriminasi dan penindasan, Benny tidak membutuhkan catatan tertulis: ia memiliki pengalaman tangan pertama. (free West Campoign)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Mencari kebenaran"

Music (Suara Kriting)

Followers