Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Wakil Ketua WPNCL Meninggal, Rakyat Papua Berduka 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, September 6, 2014 | Posted in , ,

Tiga tokoh perjuangan Papua Merdeka. Alm. Dr. Otto Ondawame (kiri), Benny Wenda (tengah) dan Andy Ayamiseba (Kanan). Foto: Ist.

Yogyakarta, MAJALAH SELANGKAH -- Kematian wakil ketua West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL), Dr. John Otto Ondawame meninggalkan duka bagi seluruh rakyat Papua. Terlihat langsung membanjiri jejaring sosial dengan ungkapan bela sungkawa yang beragam dari rakyat Papua di seluruh dunia.

"Kami sangat berduka telah kehilangan putra terbaik Papua, Dr. John Otto Ondawame. Dia juga adalah Diplomat Papua Merdeka di luar negeri yang berdomisi di Vanuatu. RIP  Tuan Otto," ujar Jeffy Wenda, ketua Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota Yogyakarta.

Dalam siaran pers yang diterima majalahselangkah.com, Jumat (5/9/2014) malam, dirinya menyebut perjuangan yang dilakukan Almarhum bersama pejuang Papua merdeka lainnya di Vanuatu melalui wadah WPNCL itu telah berhasil menarik perhatian negara-negara anggota MSG.

"Kita tahu, perjuangan yang dilakukan almarhum begitu luar biasa, beliau bersama kerabatnya memperjuangkan nasib bangsa Papua di Vanuatu dengan terus mendorong aplikasi keanggotaan Papua ke dalam negara-negara MSG," lanjut Wenda.

Beberapa tokoh perjuangan Papua merdeka pun benar-benar merasakan kehilangan salah satu pejuang yang selama ini eksis di Vanuatu. Salah satunya, rekan seperjuangan di WPNCL, Andy Ayamiseba.

"Dengan sedih saya menyampaikan bahwa rekan seperjuangan John Otto Ondawame telah dipanggil pulang ke rumah BapaNya yang kekal, akibat serangan jantung yang dasyat," tulis dalam akun facebooknya.

Ucapan bela sungkawa dari tokoh Papua merdeka lain, datang juga dari Benny Wenda di Inggris.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya yang paling dalam dan tulus kepada keluarga Bapak Ondawame pada hari ini, duka tersebut dan berkabung untuk semua kita orang Papua dan Melanesia di seluruh dunia," tulis Benny Wenda dalam akun facebooknya.

"Saya sendiri tahu John dan kami bertemu beberapa kali untuk berbagi sentimen untuk Free West Papua dan membantu untuk menyatukan satu suara bagi orang-orang Papua Barat. Dia adalah pemimpin yang sangat kuat dan karismatik, menempatkan orang sebelum hidupnya sendiri," tambah Benny

Tak ketinggalan juga, Octovianus Mote yang saat ini berdomisili di Amerika Serikat turut berbelasungkawa.

"Saya kagum akan komitmen untuk bertahan dalam suka dan duka dengan prinsip Merdeka adalah harga mati. Dalam periode itu, kaka John adalah tempat saya bertanya dan berguru. Saya bahagia karena bisa menyaksikan hari akhir hidupnya yang sangat berbahagia ditengah istri dan anaknya," tulis di akun facebooknya.

"Seluruh kenangan itu abadi dalam ingatanku dan energi dalam melanjutkan perjuangan Papua Merdeka. Kepada ipar Laisa dan anak Jakob, saya nyatakan turut berduka cita atas kehilangan yang kalian dua rasakan. Bangsa papua pun kehilangan seorang pemimpin".

Sementara, Komite Nasional Papua Barat (KNPB), secara resmi menyerukan duka Nasional seluruh tanah Papua dari Sorong sampai Merauke.

"Kami rakyat Papua Barat telah Kehilangan seorang pejuang sejati. Akhir pesannya mengajak seluruh rakyat Papua Barat pada umumnya lebih khusus KNPB untuk meneruskan perjuangan beliau tinggalkan," kata Victor Yeimo, Ketua KNPB pusat.

Dr. John Otto Ondawame meninggal dari Rumah Sakit Umum, Port Villa Vanuatu, sekitar pukul 20.00 waktu setempat, akibat serangan jantung. (M2/003/MS)
sumber:http://majalahselangkah.com/content/wakil-ketua-wpncl-meninggal-rakyat-papua-berduka

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Wakil Ketua WPNCL Meninggal, Rakyat Papua Berduka"

Music (Suara Kriting)

Followers