Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

“MENJADI GURU TIDAK MUSTI GELAR SARJANA PENDIDIKAN” 0 Comments

By Kabar Mapegaa
Sunday, August 31, 2014 | Posted in , , , ,

(Iliustrasi :anak anak papua belajar diluar sekolah:Foto sumber www.indonesiraya.com/ist)
Ringkasan Bahan Materi Refleksi Untuk Para Pemerhati Pendidikan di Papua

Jikalau kita melihat informasih yang beredar di media massa maupun online saat ini tentang topik tentang “PAPUA MEMBUTUHKAN GURU ” . Kita bisa dapat menelusuri di beberapa website komersial maupun pribadi atau kita dapat mendengar dari perkataan orang yang memang peka terhadap masalah pendidikan yang terjadi di Papua saat ini .

Teransparan saja , saya merasa senang melihat dan mendengar beberapa orang dari kalangan mahasiswa asli Papua, membahas masalah kekurangan guru yang merupakan prioritas utama yang serius di perhatikan sepenuhnya oleh pemerintah di tanah Papua. Guru yang ideal adalah guru yang mempunyai gelar dan memiliki kualitas dan kuantitas sebagai guru dan memiliki keahlian yang profesional dibidang tertentu ,untuk membina dan memebentuk kader SDM OAP yang memadai.

Tetapi dengan melihat kondisi Papua saat ini saya mempunyai pemikiran tersendiri mengenai pola pikir orang lain tentang ,untuk menjadi guru harus bergelar S.Pd. Namun Saya berpikir bahwa untuk menjadi guru tidak harus lulusan S.Pd. tetapi dari lulusan gelar SE, SH, ST, S.Farm, S.IP, S.Sos, S.S, S.Psik, SK, M. Kes, MM, MA, Dr, dr, Ir, Prof, Ex. Kuliah (pernah kuliah), Ex. SMA (Pernah SMA), atau S yang lainya,itu bisa menjadi guru asalkan bisa berkarya dengan hati.

Nah,jikalau kita merasa Papua kekurangan tenaga pengajar ,maka saudara/ri asli papua yang berminta mengajar dn mendidik ,silahkan berkarya karena menjadi guru tidak harus S.Pd. Semua orang yang punya keprihatinan dan mau bekerja dengan hati serta mau berkarya dengan sungguh-sungguh ,makadialah yang bisa kitakan sebagai Guru sejati. Karena belum tentu orang yang bergelar S.Pd akan mengajar dengan hati yang murni dan membangun.

Sekarang tantangan bagi S.Pd adalah apakah sudah menjadi guru yang benar-benar guru ataukah hanya sebatas gelar S.Pd saja. Metode mengajar yang tepat dan bekerja dengan hati untuk membangun dialah yang berkualitas untuk menjadi guru sejati khususnya di Papua.

Anak-anak Papua tidak butuh banyak teori tapi sedikit teori dan banyak praktek. Apa yang kamu punya berikanlah kepada mereka yang membutuhkan. Tidak perlu banyak, karena sekecil apapun sumbangan kita itu sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan walaupun hanya mengajar baca, tulis, menghitung, menyanyi, dan memberikan motivasi untuk berkembang dan mandiri.

Saya tidak mengajak semua sarjana menjadi guru tapi harapanya ini bisa menjadi refleksi kita bersama. Mari kita bersama bangun dan tingkatkan manusia Papua yang lebih baik dengan cara kita. jika memang kita merefleksikan dengan kalimat “PAPUA MEMBUTUHKAN GURU” juga menjadi keprihatinanmu. Hmm…....cukup berat sekali bagi saya untuk merefleksikan beban ini, tapi pasti kita masing-masing memiliki jawaban terbaik. Salam juang__!!!

Penulis Kodeboy’s (Frans Pekey 26/08/14)




Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "“MENJADI GURU TIDAK MUSTI GELAR SARJANA PENDIDIKAN”"

Music (Suara Kriting)

Followers