Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Alam Papua Rinduh akan Hukum Yang Bisah Memagarinya 0 Comments

By WEST PAPUA
Friday, September 14, 2012 | Posted in ,

ALAM PAPUA Alam Papua Rinduh akan Hukum
Yang Bisah Memagarinya
   
Oleh:  Mando Mote
Sampai saat ini alam raya papua meminta kepada para elit baik politik maupun birokrat serta institute perwakilan rakyat papua segera memagari aku alam papua dengan hukum adat sebab alam papua adalah wilayah adat yang sampai saat ini belum ada pagar sehingga semua yang ada pada bumi cerndrawasi dicungkil oleh babi liar ( ember ) sebab aku alam raya papua belum di apagari. 

Yang ada dalam alam papua mulai dari kekayaan alam sampai pada manusia papua di atas alam raya papua habis sebab pagarnya belum ada. Sehingga sesegera mungkin kerunduan alam dilaksanakan. Secara kultur dan geografis papua memang wilayah adat dan yang ada dalam bumi papua adalah milik orang adat. 
Sampai saat ini secara universal papua belum dipagari oleh hukum sehingga pantas perusahan illegal yang masuk ke bumi papua sebagai wilayah adat dengan seenaknya sebab papua belum ada pagar/hukum yang menjamin bahwa aku sudah memagari sehingga jangan coba- coba masuk ke wilayah adat. 
yang telah ada hukum yakni dalam bentuk peraturan daerah tentang perlindungan lingkungan hidup yang telah diterbitkan oleh pemerintahan setempat juga seakan- akan ilusi dan simbolis oleh karena beragam kepentingan kebutuhan dan politik. 
Sampelnya dilihat dari perusahan kelapa sawit di kabupaten nabire, pemerintah mengijinkan perusahan itu tanpa memperhatikan ANDAL ( analisa mengenai dampak lingkungan ) dan lagi secara publik adat belum menginjinkan perusahan itu masuk senekannya.

lain lagi perusahan illegal didegewo yang telah beroperasi oleh ember sampai perut alam raya paniai hancur. Dan lagi menewaskan masyarakat sipil yang tidak tahu menahu apa apa. Seharusnya pemerintah daerah setempat sebelum masuk perusahan itu analsis menegenai dampak lingkungan dan rutinitas publik setempak. Jika analisis merugikan maka pentingnya menolak untuk mengekspolitasi kekayaan tersebut. 
Hal hal seperti itu perlu diwaspadai dan lagi urgensi parameter akan autcome ( dampak ) dari pada perusahan dengan membandingkan peraturan daerah yang telah diterbitkan.  Yang diminta oleh alam adalah regulasi yang betul- betul melindungi serta memayungi alam raya serta segala isinya.

Alam raya papua mengijinkan orang adat papua mengelolah serta menjaga terpenting adalah urgensi memelihara dan melindungi alam papua. 

                               masyarakat adat teramcam di wilayah adat


Melindungi dan mengayomi masyarakat adat di wilayah adat adalah tanggungjawan publik figure papua. secara kutur papua yang kini beragam telah ada adat dan hukum adat di wilayah adat. Sampai saat ini masyarakat adat rutinitas kehidupannya terancam.

Keterancamannya diakibatkan dari belum memagari serta regulasi yang ada tidak ditindaklanjuti berdasarkan esensi atau isinya dan mengedepankan adalah unsure kepentingan oleh para publik figure.
Sehingga ditengah itu masyarakat adat terancam dan untuk memperjuangkan hak – hak hudup diwilayah adat juga sangat menyempit. Dalam hal ini kami dari foru mpeduli papua menanyakan bahwa ;

 untuk siapa publik papua yang ada sedang menjabat yang dipilih lansung oleh masyarakat adat sedangkan yang memilih sedang terancam..?? apa yang telah diimplementasikan oleh para elit papua sedangkan secara ekonomi lokal & regional kita dijajah diwilayah adat yang penuh kaya raya ini..?? mengapa sementara duduk dikedudukan kekuasaan tidak dibangun berdasarkan pembangaun bermata budaya yang mana sementara ini konsep pembangunan berpedoman kepada basis pemerintah pusat dalam hal ini bappnas. Sedangkan undang- undang otonomi khusus menjamin kita untuk membangun berdasarkan prakarsanya dengan memperhatikan aspirasi rumah tangga setepat yang ada di daerah khusus yang telah diakui.

pertanyaan ini sifatnya kritis demi tegaknya nafsu akan terwujudnya perubahan dan peradaban. Sehingga kepada publik figure papua membuka mata hati dan mengintopkesi diri dengan membandingkan kedudukan serta kesadaran bahwa terwujudnya perubahan serta kemajuan ada dipundang yang menjadi tanggungjawabnya sangat berat. 

jika kesadaran itu senantiasa timbul dan menyapingkan sikap apatis serta mengedepankan jiwa umum akan publik otomatis perubahan dan peradaban dalam pembanguan jangka pendek, menengah bahkan berjangka panjang akan terjadi perubahan sebab sifatnya berkesinambungan.

dengan demikian kehidupan masyarakat adat terancam adalah itu perasaan kita yang mana kita juga ikut alami. Secara bersama mari kita jadikan tantangan sehingga dengan itu pasti ada saatnya menemukan celah untuk terdobrak dan menemukan nasibnya di bumi sendiri entah itu dengan system apa saja.

sehingga dengan adanya juga perusahan illegal yang mana terlihat oleh perusahan kelapa sawit oleh pihak luar papua “” Menghancurkan benteng terkahir hutan papua di wilayah adat . karena itu sampai saat ini alam raya papua sangat haus akan hukum yang bisah memagari alam raya papua dan seisinya.

SUMBER: FACEBOOK.COM

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Alam Papua Rinduh akan Hukum Yang Bisah Memagarinya"

Music (Suara Kriting)

Followers