Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Mama – mama Asli papua Butuh Terapan Konsep Pemberdayaan Dari Para Elit Birokrat Dan Politik Papua Yang Berpihak. 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, September 15, 2012 | Posted in


MAMA PAPUA MENJUAL HASIL KEBUN MEREKA
DENGAN ALAS PELASTIK DI PINGGIR JALAN
(FOTO: ILST/MOTE)
Sejauh ini mama- mama papua pada belakangan sangat kecewa dengan para elit  politik dan birokrat sebab kebijakan yang berpihak pada mama- mama dalam Hal terapan pemberdayaan belum ada.

konsep pemberdayaan Konsep pemberdayaan bertujuan untuk menemukan alternatif-alternatif baru dalam pembangunan masyarakat . pemberdayaan masyarakat juga merupakan dinamika yang dirancang berdasarkan konsep publik figure dalam rangka memampukan dan memandirikan diberbagai sector unggul yang publik memilikinya.

kembali ke tujuan yakni menemukan format persepsi baru dalam pembangunan masyarakat. Titik lemah dari pembanguan masyarakat adalah disektor ekonomi. Namum belakangan ini dari salah manajemen dalam sector ekonomi khususnya oleh mama- mama paua seharusnya mendapatkan pasar yang sifatnya permanene namum oleh karena konsep pemberdayaan oleh publik figure papua bahkan di lokal belum ada.

sehingga bagimana mama- mama mau mampu disektor ekonomi sedangkan pasar yang ada demi meningkatnya pendapatan asli daerah yang sudah ada juga diberikan pada bukan ember- bukan mama- mama asli papua.

hal ini telah tercermin di kota jayapura dan kabupaten nabire oleh dinas pengelolaan pendapatan  daerah telah menyedikan pasar  namum pasar itu bukan mama- mama asli papua ujar , mike nwp.

sehingga para publik figure kami forum peduli papua mengkalim dimungkinkan konsep pemberdayaan yang betul- betul melekat terhadap mama – mama papua sehingga dengan disediakan fasilitas pasar permanen  melonjak antusiasme untuk mampu, mandiri, berdaya saing, berdaya guna untuk menjamin siklus kehidupan keluarga serta mendukung anak untuk bersekolah meskipun pendapatan perkapitanyanya nilai tidak maksimum.

sehingga mama- mama minta fasilitas dalam mata rantai pemberdayaan perlu titik berat kebijakannya pada kami mama- mama asli papua.

konsep pemberdayaan yang selama ini yang dipraktikkkan oleh para elit politik dan birokrat adalah untuk mencari kepentingan dikalangan tertentu saja sedangkan seruhan akar rumput disampaingkan. Seperti sampelnya , mall, perusahan yang sifatnya mematikan produk ekonomi lokal. Yang sebenarnya hal itu perlu mengatisipasi dan timbulkan analsis terhadap dampak baik dan buruknya . namum  seharusnya demi pendapatan asli daerah dan segelintir orang hak- hak orang asli papua khususnya  mama mama papua disampingkan.

hal – hal itu pada pemerintah jelih melihat yang sementara ini eksistensi dan dinamika sosial papua secara rahasia merana dan melarat. Lagi lagi kita dijajah secara bungkam dari sector ekonomi.

Kapan kita bisah berkiprah di atas kekayaannya sendiri sedangkan actor ekonominya adalah bukan manusia asli papua  sendiri..?? siapa yang bisah melihat dan mendobrak akan hal hal yang secara bungkam kita dijajah itu..?? bagimana manajemen publik figure papua dalam rangka menciptakan manusia asli papua yang mandiri, mendaya saing, berdaya guna, berikari di atas tana leluhur dan kekayaannya..??

dengan demikian semoga kebijakan yang diterbitkan baik itu berupa intruksi gubernur, bupati , walikota , keptutusan mapun perda ( peraturan daerah ) berpihak pada manusia asli papua dengan diiringi realitasnya. sehingga dalam dinamika sosial , manusia papua menjadi subjek di atas tanah leluhurnya. (M/ Mando Mote)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Mama – mama Asli papua Butuh Terapan Konsep Pemberdayaan Dari Para Elit Birokrat Dan Politik Papua Yang Berpihak."

Music (Suara Kriting)

Followers