Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Laporan: Kegiatan Syukuran Hut KNPB Wilayah Timika 2016 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, November 19, 2016 | Posted in


Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Bomberay, Timika menggelar ibadah bersama dalam rangka membangkitakan perlawanan secara martabat melalui HUT KNPB Yang Ke-8, Tahun 2016. Kegiatan ibadah kali ini berlangsung dari Kantor sekertariat, KNPB-PRD di Gorong-gorong, Timika, (19/11/2016).
Acara Ibadah HUT KNPB dipimpin oleh ketua I KNPB Wilayah Timika, Tn. Yanto Awerkion. Kemudian acara diisi dengan kesaksian hidup, pembacaan puisi dan penampilan tarian adat.
Renungan kotbah diambil dalam kitab Matius yang terdapat pada pasal, 10:16 yang berbunyi, "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati". Dalam renungan kotbah melalui HUT KNPB sangat termotivasi dan terinspirasi, kalau kotbahnya disertai dengan ilustrasi yang tepat dan sasaran yang dialami oleh bangsa papua saat ini.
Renungan kotbah tadi, memberikan kita penjelasan atau gambaran yang terbaik dalam perjuangan menuju pembebasan setiap bangsa. Dalam renungan kotbahnya, kita diharapkan untuk menjadi pejuang bangsa. Dan kita terus berwaspada atas kekejaman dari seriga yang hampir menerkam jiwa manusia melalui tindakan kejahatan dalam medan perjuangan ini. Serigala selalu mencari daging sesama bintang karena ingin menghabiskan domba-domba ditenah medan perburuan. Namun, kita ada harapan dalam Yesus untuk memperoleh kemenangan untuk hidup yang kekal.
Walaupun manusia berwajah seriga memasang banyak strategi untuk melumpuhkan semangat perlawanan demi kemerdekaan bangsa papua. Kita harus berjuang seperti ular yang cerdik dan tulus seperti merpati untuk mencapai tujuan perjuangan ini, kata kotbahnya.
Setelah kotbah, diawali dengan penyambutan dari ketua Fraksi Wilayah Bomberai. Katanya, Usia KNPB kini memasuki tahun yang ke-8, namun kata ketua praksi wilayah bomberay menyampaikan dalam sambutannya bahwa, usia KNPB sudah memasuki 54 Tahun. Artinya KNPB dilahirkan pada tahun 1961 dan dulunya disebut nama organisasinya KNP, tetapi dengan adanya perubahan besar semangat perjuangan dari generasi muda seperti sekarang, Tn. Buchar Tabuni yang saat ini ketua PNWP. Ketua PNWP pertama kali mendeklarasikan HUT KNPB pertama kali yang pernah dibentuk dari Post Tujuh, Sentani, Jayapura, pada tanggal 19 Oktober, 2008 hingga kini.
Kegiatan KNPB Wilayah Timika, dapat dilaksanakan dengan kondisi cuaca yang baik, mulai dari pagi hingga berakhirnya kegiatan sore ini. KNPB-PRD Wilayah Timika mendukung agenda pertemuan pemimpin MSG, dengan tujuan ULMWP diterima menjadi anggota penuh pada tgl, 20-23 Desember, 2016 di Port Vila, Vanuatu.
Ketua PDR Wilayah Timika, Tn Abihut Degei juga menyerukan kepada bangsa Papua, harus berhenti diskusi tentang kepentingan politik dalam kehidupan keluarga. Jika kita belajar dari politik sistem kolonial tidak akan membuat perubahan diatas negeri. Hanya menambah penderitaan dan kepunahan etnis diatas Tanah yang penuh dengan segala kekayaan alam ini. Yang perlu didiskusikan dalam rumah tangga adalah politik penentuan nasib sendiri dan membangun pemahaman tentang tahapan perjuangan papua sebagai syarat untuk mencapai kemerdekaan bangsa papua. Target kemerdekaan kita pada tahun 2018 atau 2019. Maka jangan lagi termotivasi pada politik kolonial yang seakan menjadi ambang kehancuran dalam kehidupan papua.
Sebelum mengakhiri kegitan HUT KNPB Wilayah Timika, bangsa papua menyaksikan bersama atas pemotongan kue ulang Tahu. Kemuan sekitar pukul 04.00 sore, dari bagian konsumsi meyediakan makanan dan minuman untuk ramah tama bersama sebelum mengakhiri seluruh acara HUT KNPB Wilayah Timika.
Sebagai kesimpulan, Ketua Militan KNPB Wilayah Timika, menyampaikan bahwa, mulai dari sekarang kita berhenti mabuk-mabukan, perang suku karena kematian orang papua sudah meningkat secara sekejab mata. Sedangkan angka kelahiran semakin menurun sehingga ibu-ibu jangan lagi ikut program keluarga Berencana (KB) yang diterapkan oleh negara kolonial. Karena program KB dan segala kebijakannya hanya berdampak buruk terhadap bangsa papua. Dan akhir dari kegitan HUT KNPB ditutupkan dengan doa penutup, sekaligus doa pulang kerumah masing-masing. Kegiatan HUT KNPB berjalan lancar dan terkendali, oleh karena Kasih dan pertolongan Tuhan sepanjang hidup manusia, terutama bangsa papua.

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Laporan: Kegiatan Syukuran Hut KNPB Wilayah Timika 2016"

Music (Suara Kriting)

Followers