Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Sejarah Mahasiswa Papua yang Takkan Pernah Hilang, Selamat Hut AMP yang Ke 15 0 Comments

By WEST PAPUA
Wednesday, May 29, 2013 | Posted in ,


Sejarah mahasiswa papua Tahun 1960
Yang didik oleh van Baal yang secara resmi mendirikan dan membangun kantor Gubernur, N. Jouwe, M.W. Kaiseppo, P. Torei, M.B. Ramendey, A.S. Onim, N. Tanggakma, F.Poana dan Andullah Arfan. Sebelum pepera dilakukan pada tanggal 12 Februari 1969. Dalam demontrasi. Demonstrasi ini di Pimpin oleh Herman Wayoi dan Permenas Hans Torrey. BA.

Gerakan Mahasiswa Papua Tahun 70-80-an

gerakan kebangkitan Seni dan Budayan Papua Barat yang di polopori oleh Arnol Aap, Sam kapisa dan kawan-kawan mahasiswa uncen di Jayapura.Gerakan ini tumbuh dan berkembang, yang kemudian pada tanggal 15 Agustus 1978 menjadikan hari jadi mambesak.
Gerakan Mahasiswa Papua Tahun 90- an dan Lahirnya AMP
Kemudian gerakan mahasiswa Papua lainnya adalah pada tahun 1996, di Jayapura - Abepura mahasiswa Uncen dibawah pimpinan Benny Wenda melakukan protes atas kematian Al. Dr Thomas Wanggai yang tidak wajar, “setelah diberikan racun dengan minuman”. Mahasiswa menyambut mayat alm. Thomas Wanggai didepan kampus untuk penghormatan terakhir,
Gerakan mahasiswa berikutnya adalah pecah pada tahun 1997, dimana mahasiswa Papua memprotes Pembantaian TNI di Mapenduma, Jila, Bela dan Alama.
Gerakan tahun 1997 ini kemudian melahirkan organ politik mahasiswa Papua terbesar yang kemudian di kenal dengan naka Alinsi Mahasiswa Papua (AMP).
Aliansi Mahasiswa Papua, Didirikan pada tanggal 30 Mei 1998 di Jl. Guntur Kawi, Manggarai, Jakarta Selatan. Organisasi ini lahir ditengah situasi represi NKRI di Tanah Papua Barat, khsusnya di Biak, yang kita kenal dengan Peristiwa Biak Berdarah.
Hingga saat ini (AMP) aliansi mahasiswa papua masih terus berjuang, untuk menentut kemerdekaan yang murni,....Selamat DIRGAHAYU ALIANSI MAHASISWA PAPUA yang Ke XV. Salam pembebasan,.....!!!(M/Koteka)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Sejarah Mahasiswa Papua yang Takkan Pernah Hilang, Selamat Hut AMP yang Ke 15"

Music (Suara Kriting)

Followers