Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Peran Mahasiswa dalam Pembangunan di Papua 0 Comments

By Kabar Mapegaa
Wednesday, April 10, 2013 | Posted in , , , ,

Mahasiswa adalah agen perubahan masa depan bangsa. Artinya bahwa mahasiswa memang telah menjadi motor pengerak untuk merubah dunia, baik dari sektor pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, agama, dan politik. Juga mengetahui seluk-beluk pembangunan dan perubahahan di papua, serta mengetahui struktur dan sistem di dalam pemerintahan dan di lembaga-lembaga

Peran mahasiswa selama mengikuti proses belajar-mengajar di bangku pendidikan. Harus belajar dengan sungguh-sungguh, baik belajar berorganisasi, belajar buku pelajaran, dan belajar mencintai orang lain.

Dan lebih khusus ialah, mahasiswa harus pintar dalam membaca situasi pada perkembangan papua “apa yang terjadi saat sekarang dan masa yang akan datang”. Kadang mahasiswa tidak mengerti dan memahami dengan masalah-masalah yang terjadi terhadap sistem global yang sedang berputar. Dimana globalisasi ini, memengaruhi perputaran bumi. Tentunya, roda perubahan pembanguna pun akan berjalan dan berputar terus.

Kini saatnya, mahasiswa belajar dengan berbagai macam permasalahan di era globalisasi ini, baik perubahan pembanguna, sistem, dan manajemen yang terjadi di papua.

Karena ada sebab-akibat, maka masyarakat mengaharapkan mahasiswa harus merubah sistem yang sedang krisis baik dari sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan agama. Mahasiswa adalah motor penggerak dan perubahan dunia. Akan hal ini adalah tanggung jawab mahasiswa. Karena ini saatnya untuk bersikap optimis dan berkarakter  kepemimpinan.

Kadang mahasiswa hanya mengikuti pendidikan dengan menyia-nyiakan waktu dan tenaganya Artinya bahwa hanya mengikuti kegiatan yang sifanya bersenang-senang dan berfoya-foya.

Dan kadang mahasiswa tidak berpikir bahwa tujuan dan maksud dari kulia. Padahal kulia memunyai peranan penting demi mewujudkan impian dan masa depan baik untuk diri sendiri maupun bangsa papua. Artinya bahwa, ketika masuk dan keluar dari kampus berarti kita telah mendapatkan sesuatu yang berharga. Yang nantinya di wujudkan di papua terhadap masyarakat.

Oleh karenanya, mahasiswa memunyai harapan sekaligus tanggung jawab besar terhadapa kondisi di papua. dan kedatangan dan kepergian mahasiswa adalah harapan masyarakat juga. maka, peran utama dalam membangun sebuah jati diri bangsa ialah menggangkat harkat dan martabat serta harapan masyarakat. Sehingga masyarakat merasakan kebanggan dalam benak diri mereka.

Hanya mahasiswa yang dapat merubah masa depan bangsa papua. karena mahasiswa adalah agen perubahan yang nantinya akan mewujudkan kelebihan yang  diperoleh terhadap masyarakat publik.

Mahasiswa Harus Berpikir, Untuk Merubah Masa Depan Papua Menjadi Lebih Baik

Otomatis mahasiswa harus berpkir kirits dan optimis, dalam mewujudkan harapan masyarakat. Karena harapan masyarakat adalah harapan Tuhan.

Dalam mewujudkan harapan masyarakat ialah perlu mendengarkan dan memahami pembicaran dari masyarakat. Sebab pengucapan masyarakat adalah pengucapan suara Tuhan. Sekali diberi berarti tanggung jawab yang harus di laksanakan dengan sungguh-sungguh. Karena masyarakat akan menunggu hasil.

Harapan masyarakat berarti harapan bangsa papua. jadi mahasiswa memunyai tanggung jawab yang berat, dalam mewujudkan harapan masyarakat. Namun, jangan ragu dan mundur dengan kenyataan yang telah diberia. Terus cari dan mencari sampai dapat hasilnya. Dengan melalui belajar dan belajar.

Melalui belajar, tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman hidup dan masa depan. Sehingga, nantinya bisa diterapkan sekaligus menjadi bahan materi yang di gunakan saat, kembali di papua. lalu, menerapkan kelebiahan dan kebolehan terhadap masyarakat.

Dengan demikian, saatnya mahasiswa menjdi agen-egen masa depan, yang siap merubah kekurangan atau hal-hal yang belum tercapai pemerintahan sebelumnya. Dan ini, merupakan tanggung jawab agen-egen yang baru, yang memang benar-benar sudah matang otak dan gaya berpikirnya, yang harus duduk di salah satu bangku sekligus merubah aspirasi masyarakat dan harapan masyarakat.(AG/M)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Peran Mahasiswa dalam Pembangunan di Papua"

Music (Suara Kriting)

Followers