Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

AKSI MIMBAR BEBAS SUP, MENDESAK REZIM SBY-BUDIONO BERTANGGUNG JAWAB MUSIBAH TERJADI TAMBARUW PAPUA BARAT 2 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, April 13, 2013 | Posted in , , , ,


Yogyakarta-- Solidaritas untuk Papua (SUP) menggelar aksi mimbar bebas terkait serangan wabah di Kabupaten Tambrauw, Distrik Kwor, Kampung Jocjoker, Kosefo, Baddei, Sukuwes dan Krisnos.  Propinsi Papua Barat, baru-baru ini telah merenggut puluhan nyawa rakyat setempat dan ratusan rakyat lainnya masih dalam keadaan sakit dan tak berdaya, hingga sebagian meninggal secara beruntun tanpa memdapatkan  pelayanan  kesehatan yang semestinya dari pemerintah

Aksi mimbar bebas SUP ini, diisi dengan Orasi-orasi Politik, pembacaan Puisi, Tarian Budaya Papua, Nyanyian Tangisan Papua. untuk bentuk berduka atas telah meniggalnya rakyat Papua yang meininggal tanpa pelayanan Medis dari negara ini.  dalam aksi masa bimbar bebas mencapai 1000-an orang menutupi Benteng depan Kantor Pos Pusat Malioboro Yogyakarta. Pada Sabtu (13-04-2013) Pukul 18:00 wib. sampai selesai.
Sup, menjelaskan bahwa "serangan wabah ini sudah terjadi sejak bulan November 2012 dan masih terus berlangsung hingga saat ini awal bulan april 2013, namun hal ini belum mendapatkan tindakan penangan yang serius dari pemerintah daerah setempat maupun pemerintah pusat dan terkesan adanya tindakan pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah terhadap peristiwa ini" uangkapnya.

Lanjut SUP, "sikap pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah terhadap peristiwa ini membuktikan bahwa adanya tindakan Genosida dan Pelanggaran HAM berat secara sistematis yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia terhadap rakyat Papua, hal ini diperkuat dengan adanya rentetan peristiwa yang sama di beberapa daerah di Papua, yang telah menggut ratusan nyawa Orang Asli Papua. "jelasnya.

hal  serupa juga di Yahokimo juga mengalami busung lapar  61 orang meninggal pada bulan ini, dan pada tahun 2005 -2009 tercatat 239 jiwa rakyat meninggal, lalu di kabupaten Dogiyai juga mengalami Waba muntaber sebanyak 239 rakyat Papua yang meninggal dunia. 

kemudian Tuntutan Aksi solidaritas Untuk Papua menyatakan Sikap bahwa: "REZIM SBY-BUDIONO HARUS BERTANGGUNG JAWAB ATAS MUSIBAH YANG DI KABUPATEN TAMBRAW, PAPUA BARAT" dan menuntut;

1.Pemerintah pusat dan daerah serta dinas kesehatan harus bertanggung jawab atas musibah yang terjadi kabupaten Tambraw
2.Tim kesehatan harus datang ke seluruh desa, dan libatkan masyarakat yang paham medan serta sudah bekerja untuk membantu para korban
3. Buka ruang luasnya dan segerah bentuk tim inestigasi independen untuk melakukan penyelidikan terkait kasus kematian massal serta ketiadaan pelayanan.
4. Kesehatan gratis dan berkualitas untuk Papua
5. Cabut Otsus, UP4B, hentikan Pemekaran Wilayah dan Alikan Dananya untuk memperbanyak rumah sakit, tenaga medis, obat-obatan dan makanan  sehat seluruh Papua
6. Usut tuntas kasus pelanggaran HAM di Papua
Solidaritas Untuk Papua, akan  rencara besok melakukan Aksi damai, lanjutan dari bimbar bebas. Sup mengajak seluruh Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Papua di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat hadir dan ikut serta mengambil bagian dalam aksi  damai. "pada hari  Senin, 15 April 201, Waktu : 08.00 WIB Selesa, Tempat : Abu Bakar Alli ( Hotel Garuda ) Titik Nol KM ( Kantor Pos. "seruangnya. (M/UG)

Salam Demokrasi !

“ " Duka di Tambrauw Adalah Duka Seluruh Rakyat Papua “"

"“ Persatuan Tanpa Batas, Perjuangan Sampai Menang “"

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

2 komentar for "AKSI MIMBAR BEBAS SUP, MENDESAK REZIM SBY-BUDIONO BERTANGGUNG JAWAB MUSIBAH TERJADI TAMBARUW PAPUA BARAT"

Music (Suara Kriting)

Followers