Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

KONOLOGIS AKSI DAMAI KNPB DAN PRD 0 Comments

By WEST PAPUA
Thursday, July 17, 2014 | Posted in







Pada hari rabu 16 juli, Komite Nasional Papua barat dan Parlemen Rakyat Daerah (KNPB & PRD) Wilayah Bomberay, mengeluarkan seruan aksi damai Nasional terkait dengan Pemerintah Indonesia membuka ruang demokrasi seluas-luasnya bagi Rayat Papua, dan membebaskan Tahanan Aktivis KNPB seluruh Tanah Papua, serta Hapuskan Daftar Pencarian Orang (DPO) Ketua Parlemen Nasional West Papua Tn. Buctar Tabuni.
Pada pukul pagi jam 08.40 Wp,  keluar dari kantor semua rakyat Papua mulai mempersiapkan diri, mengukir ukur badan sambil memakai pakian adat. 
Pada pukul 09.20 waktu papua penyampaian atau arahan terkait dengan aksi damai di sampaikan oleh Pdt. Henok Bagau.
Pada pukul 9:25 Wp, masa aksi dari SP 5, SP 6, SP 7, SP 12, Yayanti, SP 13, ILIALE, SP 3, SP 2 dihadang oleh TNI/POLRI dengan peralatan lengkap dengan senjata mobil dan truk, lalu 24 Aktifi KNPB di tangkap dan ada di POLRES Mimika 32 saat ini, 
Berikut nama-nama mereka yaitu 1. Dotius Wanimbo, 2. Neles, 3. Sem, 4. Marius Wenda, 5. Bilem Wenda, 6. Nius Tabuni, 7. Sole Tabuni, 8. Ismael Wenda, 9. Lasarus Tabuni, 10. Linto Tabuni, 11. Efri, 12. Lerina, 13. Lepina, 14. Tinggris umur 3 tahun, 15. Eliana Tabuni, 16. Diana Wenda, 17. Aifa Tabuni 3 tahun, 18. Merlin Wenda, 19. Jakson umur 2 tahun, 20. Amarina Tabuni. 21. Eka Wenda. 22. Herman. 23. Yulianus 24. Hengk. Sampai saat ini 20 anggota Knpb dan 4 Anak kecil Umur 3 Tahun semua masih di tahan Polres 32.
Pada Pukul, 09.48 Wp, Berdoa pembukaan oleh Pdt. Henok Bagau, setelah selesai berdoa mulai keluar dari kantor mempersiapkan diri untuk aksi damai, mulai longmarch jalan kaki dari jalan Freeport lama.
Pada pukul, 10:15 Wp, aksi mulai dan kordinator aksi mengambil peran bagian dalam mengakomodir masa dalam satu komando satu tujuan.
Pada pukul 10:40 Wp. 50 Polisi Brimob dengan senjata lengkap berjaga di depan Pasar dan terminal Gorong-gorong, dan masih ada masa yang menunggu untuk bergabung sebanyak 40 orang 15 anak SD.
Pukul 11.27 tiba di kantor DPRD Timika, Perjalanan aksi damai sejak mulai sampai tibah di titik aksi kira-kita 4 jam.
Mulai aksi damai dari Kantor KNPB-PRD kebun siri sampai bendungan lewat gorong-gorong koperapoka menuju pasar lama, kemudian lanjut ke Kantor DPR melewati Kantor Bank Papua dan kantor Pos, sampai di Gereja Katolik Tiga Raja. Masuk ke Kantor DPRD Timika.
Pada pukul 11:30 masa kuasai halaman Kantor DPRD Mimika, lansung mulai Orasi-orasi politik dipimpin langsung oleh Kordinator lapangan (korlap).
Pukul 11: 40, masa aksi dipimpin oleh Pdt Henok Bagau, memimpin untuk pujian dan penyembahan dan berdoa, agar masa aman dan tenagn sesuai dengan aksi damai. Lebih kepada Pihak DPR Pemerintah dan Militer Tni-Polri bisa kendalikan emosi.
Pada pukul 12.50 Wp, pembacaan Pernyataan Sikap dibacakan oleh ketua Parlemen Rakyat Daerah, pada intinnya adalah Pemerintah Indonesia Membuka ruang demokrasi Untuk rakyat Papua menentukan nasib Sendiri melalui Referendum, kemudian lanjut dengan Indonesia membebaskan Tapol-Napol Papua Merdeka, serta Polda Papua menabut dan menghapaus DPO terhadap Ketua Parlemen Nasional (PNWP) Tn. Buctar Tabuni.
Pada pukul 12.00 Wp. Tanggapan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Timika, sekirat 2 anggota DPRD yang bediri mendengar tuntutan aksi damai mereka diantaranya adalah 1. Mus Pigai, 2. Gerson Wandikmo, 3. Elminus Moom, 4. Ade Matulesi. Pada intinya mereka menghargai dan mengakui atas aksi damai tersebut. Tuntutan aksi mereka menerima Tapi mereka akan teruskan ke atasan kata 4 DRP itu.
Pada pukul:12:15 Wp,  perwakilan pihak keamanan Tni dan Polri, diwakili oleh Wakapolres Agus Karowa, dia mennjelaskan seputar aksi dan dia juga mengakui aksi kali ini masa sangat banyak. 
Lalu depan DPR dan Jutaan masa aksi dia berjanji akan dibebaskan 24 anggota Aktivis yang ditahan dipolres 32. Namun sampai saat ini mereka masih tahan.
Pada pukul 12. 30 Wp,  masa aksi dibawah komando korlap mengarahkan untuk pulang dengan damai ke kantor KNPB-PRD.
Masa mulai keluar jalan kaki menuju kantor selama hamper 2 jam, masa mulai masuk kantor dengan aman terkontrol oleh Militan KNPB.
Pada pukul 14:30 Wp, mulai arahan dari ketua PRD wilayah Timika dan ketegasan dari Ketua Militan KNPB,. Kemudian akhirnya di tutup dengan doa.
Pada pukul 15:00 WP,  masa mulai waita dan base depan kantor sambil menunggu makan, masa aksi lain pulang kerumah masing-masing.
Pada Pukul 11:00 Wp,  23 aktivis anggota Knpb timika di bebaskan, kemudian Ketua Sektor Knpb  masih di Tahan Polres 32 sekarang ini juga. ( Konolog/aksi KNPB-PRD, D P)
Sumber: Online

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "KONOLOGIS AKSI DAMAI KNPB DAN PRD"

Music (Suara Kriting)

Followers