Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

ALIANSI MAHASISWA PAPUA MEMPERINGATI PROKLAMASI WEST PAPUA DENGAN DEMO DAMAI 0 Comments

By Mypapua
Sunday, June 30, 2013 | Posted in , , , ,


Yogyakarta--- Masa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Yogyakarta (AMP-KKY), Memperingati Proklamasi Bangsa West Papua, dimana dikumandangkan “Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat pertama kali di bacakan pada Tahun 1971, oleh  Brigjend Zeth Jafet Rumkorem selaku Presiden Papua Barat. Namun sebelumnya pada 1 desember 1961 adalah Dideklarasikan  kemerdekaan Bangsa West Papua. hal ini disampaikan oleh Kardinator Aksi Desederius Goo, dalam Orasinya.

Aksi AMP kali ini Longmarch dari Abubakar Ali Mabioboro menuju Titik Nol kilo meter depan Kantor Pos Pusat Yogyakarta,  untuk memperingati hari bersejarah Bagi bangsa Papua yakni jatuh pada hari ini 1 juli 2013, dengan 2 dua Spanduk besar tertulis Thema aksi "HAK MENENTUKAN NASIB SENDIRI SOLUSI DEMOKRATIS BAGI RAKYAT PAPUA BARAT",  Sub Thema: REFERENDUM NOW !!! FREE WEST PAPUA", dan Masa aksi memegang satu bendera AMP, tambah dengan  Poster-poster  Tuntutan. Pada Senin (01/07/2013).

Tuntutan Aksi ada tiga yakni; Pertama:   Berikan Kebebasan dan Hak Menentukan Nasib Sendiri Sebagai Solusi Demokratis Bagi Rakyat Papua. Kedua:   Menuntup dan menghentikan aktifitas eksploitasi semua perusahaan MNC milik negara-negara Imperialis ; Freeport, BP, LNG Tangguh, Medco, Corindo dan lain-lain dari seluruh Tanah Papua. Ketiga: Menarik Militer Indonesia (TNI-Polri) Organik dan Non Organik dari seluruh Tanah Papua untuk menghentikan segala bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan oleh negara Indonesia terhadap rakyat Papua.

Tuntutan aksi diatas ini dan pernyataan sikap AMP  dibacakan oleh kordinator umum Jefri Wenda. Dalam pernyataan sikap menjelaskan Setelah wilayah Papua dimasukan secara paksa lewat manipulasi Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) oleh Indonesia tahun 1969, wilayah Papua dijadikan wilayah jajahan. Indonesia mulai memperketat wilayah Papua dengan berbagai operasi sapu bersih terhadap gerakan perlawanan rakyat Papua yang tidak menghendaki kehadiran Indonesia di Papua.
Pada 1 Juli 1971 bertempat di Desa Waris, Numbay -  Papua, dekat perbatasan PNG dikumandangkan “Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat” oleh Brigjend Zeth Jafet Rumkorem selaku Presiden Papua Barat. Namun demikian, proklamasi tidak dapat melepaskan Papua dari cengkraman kekejaman dan kebrutalan kekuatan militer Indonesia yang sudah menguasai seluruh wilayah Papua.
Berbagai operasi militer dilancarkan oleh Indonesia untuk menumpas gerakan pro kemerdekaan rakyat Papua.
Hari ini 1 Juli 2013, tepat 42 Tahun peringatan Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat, Indonesia semakin menunjukan watak kolonialisnya terhadap rakyat Papua. Berbagai peristiwa kejahatan terhadap kemanusiaan terus terjadi di Papua, hutan dan tanah-tanah adat dijadikan lahan jarahan bagi investasi perusahaan-perusahaan Multy National Coorporation (MNC) milik negara-negara Imperialis.
Pembungkaman terhadap ruang demokrasi semakin nyata dilakukan oleh aparat negara (TNI-Polri) dengan melarang adanya kebebasan berekspresi bagi rakyat Papua didepan umum serta penangkapan disertai penganiayaan terhadap aktivis-aktivis pro kemerdekaan Papua.
Ini bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Papua yang mana di bacakan dan di komandangkan kepada seluruh rakyat Papua “Rakyat Papua  Barat  sekalian, dari Numbay sampai Merauke,  dari  Sorong sampai Balim Pengunungan Bintang,  dan dari Biak sampai pulau Adi, dengan Berkat dan pertolongan Tuhan kami mendapat kesempatan hari ini. Menyampaikan kepada kami sekalian, berdasarkan keinginan luhur bangsa Papua Barat Bahwa bangsa dan Tanah air yang  merdeka berdaulat penuh. Kiranya Tuhan Menyertai kita dan ini dunia menjadi maklum bahwa ke inginan luhur Bangsa Papua Barat menjadi nyata Victoria : 1 juli 1971 atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat (Presiden Zeth Javet Rumkorem Brig Jendral “

Aksi damai berakhir dengan serentak memeriakan “Papua Merdeka-Papua Merdeka. Kemudian ditutup dengan Doa. Pada Pulul 12:30 waktu Yogyakarta. (Andy G)




Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "ALIANSI MAHASISWA PAPUA MEMPERINGATI PROKLAMASI WEST PAPUA DENGAN DEMO DAMAI"

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers