Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Ratusan Orang Papua Gelar Demo Damai 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, May 12, 2012 | Posted in , , , ,



DEMO DAMAI: Aksi demonstrasi damai yang dilakukan masyarakat Papua dengan berjalan kaki. Mereka juga membawa beberapa spanduk.
[M]– Kurang lebih 200 orang asli Papua yang tergabung dalam organisasi KNPB dan PRD Wilayah Merauke, Selasa (1/5), menggelar aksi damai sebagai permintaan untuk referendum. Aksi tersebut berlangsung mulai pukul 09.30 Wit dengan mengambil start di Depan Taman Makam Pahlawan (TMP). Sebelum bergerak mengelilingi sejumlah ruas jalan, mereka melakukan orasi dan berdoa secara bersama-sama.
Sebagaimana disaksikan Papua Pos, nampak sebuah pengeras suara bersama dengan perlengkapan lainnya, dinaikkan ke atas mobil dan satu diantara mereka melakukan orasi. Aksi yang mereka lakukan
tersebut, mendapat pengawalan ketat dari aparat TNI/Polri. Sepanjang jalan, mereka meneriakan yel-yel referendum. Selama perjalanan, tidak ada yang melakukan gerakan-gerakan ‘tambahan.’ Karena aparat dari kepolisian ikut mengawal hingga titik akhir di sekretariat yakni di Kelurahan Kelapa Lima.
Selama perjalanan, mereka juga membawa dua buah spanduk degan tulisan We Wanto to... Referendum...!!!!!!... KNPB dan PRD Wilayah Merauke. Sejumlah lagu dinyanyikan termasuk juga tarian ‘khas’ Papua. Sementara diantara warga juga, ada yang mengenakan atribut adat. Perjalanan mereka pun tanpa hambatan dan teratur karena semua masuk dalam garis berupa tali plastik yang dibawa sepanjang jalan.
Sesuai rencana, mereka akan membacakan beberapa point penting berkaitan dengan aksi damai yang dilakukan. Hanya saja, dilakukan pembatalan secara mendadak. “Memang kami tidak membacakan pernyataan sikap. Tetapi langsung pulang dan berdoa bersama lagi di sekretariat yang terletak di Kelapa Lima. Ya, hanya long march dengan berjalan kaki menyusuri beberapa ruas jalan yang telah menjadi kesepakatan bersama. Kami juga tidak melakukan tindakan anarkhis. Karena ini adalah kegiatan kami dan harus membangun komunikasi baik dengan aparat kepolisian yang melakukan penjagaan,” kata salah seorang koordinator aksi damai. [frans]

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Ratusan Orang Papua Gelar Demo Damai"

Music (Suara Kriting)

Followers