Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

Penutupan Ibadah Duka Nasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Berserta Kronoligis dan Sikap politik - Sulawesi Utara 0 Comments

By Kabar Mapegaa
Wednesday, September 3, 2014 | Posted in


 
Foto: Almarhum Ketua KNPB Sorong, Martinus Yohame. Diculik dan dibunu.

PENUTUPAN DUKA NASIONAL KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB) KONSULAT  INDONESIA TENGAH BERSAMA SOLIDARITAS PEMUDA, MAHASISWA, DAN MASYARAKAT PAPUA SPMMP DI MANADO SULAWESI UTARA IBADAH DUKA BERSAMA.

a.       Kronologis Ibadah Pada tanggal 30 agustus 2014 KNPB konsulat inddonesia tengah bersama solidaritas pemuda, mahasiswa dan masyarakat papua di sulawesi utara telah melaksanakan ibadah duka nasional yang dihadiri -+ 60 orang. Yang dipimpin oleh Korinus Mabel S.Th dalam kitab 2 korintus 10: 1-6 dengan Thema: “Tuhan memperlengkapi umat-Nya dengan senjata rohani untuk memperjuangkan kebenaran dan menegakan keadilan bagi umat yang tertindas” ibadah yang berlangsung sangat hikmat. Khotah direfleksikan melalui drama singkat tentang: demo, penangkapan, pembunuhan dan penculikan para aktifis oleh TNI POLRI dan diperagakan secara langsung bagimana proses demo, penangkapa, pembunuhan dan penculikan terhadap para pejuang dan para aktivis bangsa Papua Barat.


b.      Penjelasan Derama Singkat. Dalam kurun waktu -+ 60 tahun Bangsa Papua Barat berjuang untuk menentukan nasip sendiri dengan berbagai cara serta menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah indonesia secara manusiawi. Namun segalah aspirasi yang disampaikan oleh rakyat Papua selalu di abaikan dan mencari jalan keluar untuk melakukan manufer-manufer penagkapan, penculikan dan pembunhan hal ini terbukti. Oleh karena itu melalui peristiwa penculikan ketua KNPB Sorong Raya memberikan semangat baru, kebangkitan baru, dan perlawanan baru bagi generari muda/i Papua untuk melawan para penjaya dengan semangat nasionalisme demi menentukan kemerdekaan papua secara devakto. Hal ini terbukti bahwa Tuhan sudah memperlengkapi kita dengan senjata rohani dan jasamani untuk melawan dan meruntukan tembok-tembok penjaya.


c.        Refleksi Teologis. Bangsa Indonesia adalah sama seperti bangsa Mesir pada zama raja Firaun Amanofis III yang mana menidas dan memaksa bangsa israel untuk kerja rodi selama berada di mesir. Musalah yang menghadap raja untuk membaskan bangsanya keluar dari tanah mesir ke tanah perjanjian selama 9 kali musa menghadap raja tetapi raja mengeraskan hati dan tidak mengijinkan bangsa Inrael dari mesir. Oleh campur tangan Tuhan maka bangsa Israel Bebas dan keluar dari tanah mesit ke tanah perjanjian. Hal ini mengigaktan kita kepada penjajahan yang dilaksanakan oleh NKRI terhadap bangsa Papua Barat. Orang pribumi Papua yang tidak mengasi tanah dan rakyatnya untuk mempertangung jawabkan ketidakadilan, penjajahan, pembantaian, penculikan dan perampasan hak-hak bumi papua adalah seorang penghianat. Oleh karena itu perhatikan kata-kata pijak dibawa ini. Karena itu aku suka mengorbankan miliku, bahkan mengorbankan diriku, untuk tanah Papua jika aku sangat mengasihi warga bangsa Papua Barat, masakah kami kurang dikasihi oleh bangsa kolonial. (2 Kor 12 : 15). Bagi gereja, pemerintah, agama yang ada di tanah papua bertangung jawab dan mengasihi tanah papua dan rakyat seperti dirimu sendiri. Seusai ibadah masuk pada orasi politi.


d.      Sambutan ketua KNPB Konsulat Indenesia Tengah Dalam sambutanya ia mengatakan bahwa generasi muda/i mahasiswa/i papua sadar akan jati diri sebagi akah bangsa untuk selalu berjaung dan menekagak kebenaran kepada dunia nasional dan internasional. Kepergian ketua KNPB Sorang mendorong kita untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan papua secara utuh. Ia juga menambahkan keamanan dan kewaspadaan dapat di tingkatkan baik di dalam dan diluar dima kita berada. Dengan ini kami mendukung tekmen politik atau tuntutan dibawa ini.


e.       Stekmen Politik dan Tuntutan
1.      Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) Gubernur Irian Jaya Barat (IJB) Gubernur Papua Kepala BIN , Pangdam Cendrawasih, Polda Papua segera bertanggung Jawab atas penculikan Ketua KNPB Wilayah Sorong MARTIMUS YOHAME;
2.      Kami seluruh Pengurus dan KNPB wilayah sorong sampai merauke mendesak kepada Pangdam Polda Paua Kepala Bin Kopasus Segera kembalikan Ketua KNPB Wilayah Sorong Martinus Yohame sebelum tanggal 1 September 2014;
3.       Aparat TNI/POLRI, BIN, KOPASUS dan Intelejen Indonesia segera hetikan penculikan, Penagkapan, Teror Intimindasi Terhadap Seluruh Aktivis KNPB sorong sampai Merauke dan Semua Mahasiswa Papua di luar Papua;
4.      Mendesak Kapolres dan Dandim wilayah sorong segera bertanggung Jawab untuk mengungkap pelaku pembunuhan dan penculikan terhadap ketua KNPB wilaya Sorong Martinus Yohame.
5.      Kami juga mendesak kepada Semua pelayan umat “ Pendeta, Pastor, ulama, dan pantita atau Semua pihak Agama Kristen Protestan, Katolik, Agama Islam Hindu, dan Budha yang ada di seluruh Tanah Papua Mehon melihat dan Membatasi Pembunuhan Umatmu di Tanah Papua dari dulu sampai dengan Pembunuhan misterius Ketua KNPB Sorong Martinus Yohame di Sorong Provinsi Papua Barat.
6.      Mendesak Kepada Amesti Internasional, KOMNAS HAM Pusat dan Papua dan lembaga kemanusiaan lainya segera lakukan penjelidikan terhadap Penculikan Ketua KNPB wilayah Sorong Martinus Yohame.

Demikian atas kronoligis dan sikap politik kami tak lupa Allah Moyang Bangsa Papua dari sorong sampai samarai dan sekaligus dukungan doa partisipasinya dalam duka Nasional diucapkan terima kasih Wa....wa,.....

Tomohon 28 Agustus 2014 Hormat Kami Badan Pengurus Komite Nasional Papua Barat KNPB Konsulat Indonesia Tengah dan Solidaritas Pemuda, Mahasiswa, Mahasiswi dan Masyarakat Papua Di Manado Sulawesi Utara. HISKIA MEAGE S.Sos Kordinator Duka Nasional - Ket Knpb Konsulat Tembusan Yang Terhormat 1) Intelkam Polresta Manado Sulawesi Utara 2). Kasat Intel polres Tomohon Kota Tomohon Sulawesi Utara 3) Polsek kota Tomohon tengah , kota Tomohon SULUT. 4) Kepala Desa Kingkungan III. Kota Tomohon Sulut. 5) Sinode GMIM di Minahasa Sulut. TERLAMPIR DENGAN FOTO DUKA NASIONAL. (Albert.K)


Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Penutupan Ibadah Duka Nasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Berserta Kronoligis dan Sikap politik - Sulawesi Utara "

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers