Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

TITUS PEKEI, LUNCURKAN BUKU “ GUS DUR GURU & MASA DEPAN PAPUA” 1 Comments

By WEST PAPUA
Monday, March 4, 2013 | Posted in , ,

 Gus Dur adalah Guru Bangsa, Gus Dur adalah Guru Papuani, (Titus P), Dus Dur, Saya Hanya Pulang, Bukan Pergi” (KH. Husein)

YOGYAKARTA-- Pendiri dan Ketua Lembaga Ekologi Papua Titus Pekei SH, M.Si, kembali meluncurkan buku baru, tentang “ Gus Dur  & Masa Depan Papua, Hidup Damai Lewat Dialog”. Diruang Seminar Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Masyarakat Desa (STMD) “APMD” jalan Timoho 317 Yogkararta, senin (04/03/2013) Pukul 09:30-13:00Wib. intinya Gus Dur diakui  dari  Irian Jaya Menjadi Papua.

Dalam Kegiatan Peluncuran dan diskusi buku tesebut, yang ikut dari berbagai Mahasiswa dan Dosen dari beberapa kampus Jogyakarta yakni, APMD, Atma Jaya, Ukdw, ShanataDarma dan lainnya. Peserta yang ikut perkiraan 150-an Mahasiswa/i Dosen.

Peluncuran dan diskusi pembicara, Pertama Titus Pekei, kedua Alissa Wahid (Koordinator Umum Jaringan GusDurian), dan Ketiga Drs.Tri Agus Susanto, M. Si (Dosen Ilmu Komunikasi). Moderator Fairuzul Mumtaz. S.S (Radio Buku).

Titus Pekei Penulis buku, menjelaskan  mengenai Gus Dur, orang Papua terus mengukir gelar untuk mengembalikan Nama harga diri dan jati diri orang Papua, karena  beliau memberikan Nama Irian Jaya diakui menjadi “Papua” pada tanggal  1 Februari 2001 lalu. Gus Dur hadir Papua  Karena “masalah kemanusian, keagamaan dan kearifan, untuk  mengembalikan dan membangkitkan nilai-nilai Identitas  Orang Papua,”tuturnya.

“Gus Dur juga saat itu  memperbolehkan simbol Kultural dan Kebangasan Jati diri Orang Papua adalah bintang Kejora, dan Lagu Hai Tanah ku Papua, untuk memperingati pada 1 desember 2001 serentak seluruh Tanah Papua. Gus Dur mengenal dan mengetahui bahwa 1 desember adalah Hari Kemerdekaan Papua  pada 1 desember 1961.

"Tambah Pekei, Jasa-Jaga Fakta yang Gus Dur Tinggalkan menjadi semangat bagi rakyat Papua seperti, Bapak Demokrasi, Bapak Pluralisme, Bapak Cultural, Bapak Tolerasi, Bapak Perdamaian, Bapak Pemersatu, Bapak Pembebasan, maka layak di sebut Guru Papua, sehingga Papua adalah bagian diri Gus Dur "ungkapnya
Kemudian, mengenai Gus Dur juga dilelaskan oleh Alissa, bahwa prinsip yang lahir dalam Gus Dur adalah, Spritualitas, Keyakinan, Kemanusiaan yang paling ideal, Keadilan,  Kesabaran, Memihak Kebenaran, Cinta Kearifan dan lain sebagainya. 

Gus Dur Juga,  Presiden yang Keempat Republik Indonesia pada tahun 1999-2001,  berumur 1  tahun 10 bulan, saat itu juga Gus Dur, mengantikan diakui Irian Jaya menjadi Papua.

“Tambah Lissa, dan banyak hal yang Gus Dur, lakukan untuk rakyat kecil Indonesia saat itu.  Tapi banyak lawan politik Senayang Jakarta tidak senang, akhirnya dia  turunkan dari Presiden RI,  pada sidang Istimewa 20 oktober 2001 di gantikan dengan Megawati Sukarno Putri setelah mandatnya di cabut oleh MPR,” Pungkasnya.

Pemateri terakhir, mengatakan tentang, Gus Dur juga Presiden ke IV RI dan Mantan  Ketua Nahdlatul Ulama (NU) dan Pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan masih banyak komunitas yang ikut aktif seperti, Seniman, Intelektual, Toko Perdamaian dan lainnya,” Tuturnya.   (M/Umagi)








Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

1 komentar for "TITUS PEKEI, LUNCURKAN BUKU “ GUS DUR GURU & MASA DEPAN PAPUA”"

Music (Suara Kriting)

Followers