Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Pembalakan Hutan di Papua, Semakin Meningkat dan Masyarakat Papua Semakin Tersingkir dan terpelosok 0 Comments

By Kabar Mapegaa
Monday, March 11, 2013 | Posted in , , , ,


situasi di papua (google.com)
Hutan papua yang sangat kaya raya dengan berbagai macam seluk beluk makhluk hidup di perut muka bumi, khususnya di papua, sudah semakin habis alias punah. Artinya bahwa hutan papua yang selalu kita lihat, di pandangan mata kita, oh hutan papua memang dia memberikan suasana yang sangat nyaman dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, itu yang selalu kita ungkapkan bertubi-tubi dalam hidup kita, malah ia hilang satu per satu.

Perkembangan hutan papua, sudah tidak nampak di dalam kehidupan kita. Sering kita melihat bahwa hutan papua ada, berarti manusia pun juga ikut hidup dengan kemegaan hutan alam papua. Sangat megah sekali betapah indahnya hutan papua, ketika saat memanjarakan matahari di pagi hari dan memanjarkan keindahannya di pulau papua ini. dan tentunya seluk-beluk makhluk hidup pun akan riang dengan bernayanyi dan nyanyikan sebuah lagu yang sangat merdu dengan satu ketukan yang bertubi-tubi, menghiasi alun-alun pulau cendrawasih papua.

Namun, dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin canggih. Alat-alat pun semakin canggih. Artinya karena semakin canggih dan modernisasi. Maka semua kebutuhan hidup yang berasal dari hutan pun akan mengikuti dengan perkembangan global yang sedang berkembang.

Dan karena semakin canggih pun, setiap perusahan-persusahan akan  masuk dengan secepatnya, untuk melakukan keperluan dan keingginan mereka. Makanya, karena mereka memunyai keperluan dan kebutuhan mereka. Makanya, semua hasil hutan, baik pohonnya, maupun hasil kekayaan lainnya, dikuras oleh perusahan-perusahan tersebut.

situasi di papua (google.com)
Artinya bahwa, ketika perusahan mendominasi salah satu tempat, yang mana kebetulan tempat tersebut, banyak dengan hasil hutan alam papua. Maka tidak lama kemudian, hutan itu akan habis karena telah diambil oleh perusahaan tersebut. Lalu penghuni tempat itu, akan digeserkan di tempat yang lebih terpelosok.

Karena sudah seperti itu, maka masyarakat papua akan semakin terpelosok dan tersingkir dari penginapan mereka. Dimana penginapan tadi itu, menghiasi dengan berbagai hasil hutan alam papua. Namun, karena mereka mengambil alih, untuk menyukseskan misi mereka. Maka dengan rasa berat hati, harus meninggalkan tempat orang papua yang sebelumnya.

Pembalakan hutan dimana-mana terjadi, baik di kabupaten nabire, di bagian kecamatan makimi dan yaro, baik di merakuke dengan perusahan mife, yang kegiatanya hanya membabat hasil hutan papua, milik masyarakat merauke dan di setiap kabupaten dan provinasi papua.

Dengan demikian, diperkirakan tanah papua yang tercinta ini, akan sama dengan pulau jawa. Karena, hasil alam papua dalam satu hari saja, di babat dan diambil dengan sejumlah yang besar. Lalu diekspor kelaur daerah dari papua. Mereka mengambil hasil hutan papua tidak sedikit. Namun, ini yang mereka ambil jumlahnya sangat besar. Mungkin bisa diperkirakan sekitar 75%.

Bila sudah seperti itu, saya yakin dan percaya kita orang papua akan hidup dibawah garis kemiskinan. Jangan berharap bahwa hutan papua masih produktif, jadi kita bisa hidup dan tinggal dengan baik. Mereka mengambil hasil hutan papua, biar sedikit tapi itu akan menjadi banyak. Dengan demikian, kita akan hidup dengan susah payah nantinya.

Dengan demikian, sekarang saatnya untuk bertanggung jawab atas hutan papua. Karena ini menyangkut dengan hidup kita orang papua kedepan nantinya. Jangan sampai, kita dilantarkan terus–menerus oleh mereka yang memiliki CV dan PT. oleh karenanya, ini saatnya untuk membangun rasa nasionalisme terhadap hutan alam papua. Dan harus ada rasa memiliki. Artinya bahwa ketika saya dan kamu punya rasa memiliki, tentunya akan terwujud di masa depan yang lebih cerah. Hutan papua milik tong bersama jadi tong harus jaga deng baek-baek.

A.  Hidup Orang Papua, Hidup Hutan Alam Papua

Kita orang papua, lagi masih hidup, jadikanlah hutan alam papua menjadi kehidupan kedua. Karena, kita bisa lihat. Dimana kehidupan jawa. Hutan alam papua mereka sudah tidak ada. Yang ada hanya ,mereka mereboisasi kembali hutan mereka.  Namun, hutan alam papua tidak seperti, hutan alam papua masih produktif dan masih utuh. Artinya bahwa ada hutan alam papua, maka ada pula orang papua yang tinggal dan menginap di tempat itu.

Ada kita orang papua berarti ada pula hutan alam papua. Maka, hutan alam papua menjadi dapur dunia kedua. Jadikanlah dapur dunia ini, menjadi teman dan sahabt hidup kita. Artinya kita harus mencintai dan sayangi hutan alam papua dengan sungguh-sungguh. Biar kita hidup sama-sama dan mati sama-sam.(M/AG)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Pembalakan Hutan di Papua, Semakin Meningkat dan Masyarakat Papua Semakin Tersingkir dan terpelosok"

Music (Suara Kriting)

Followers