Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

PERNYATAAN SIKAP, AKSI DAMAI MEMPERINGATI HUT WEST PAPUA 1 DESEMBER 1961, AMP SEJAWA-BALI DI YOGYAKARTA 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, December 1, 2012 | Posted in ,


Prees Realese
“Indonesia, Amerika Serikat Dan PBB Segera Mengakui Kedaulatan West Papua Pada 1 Desember 1961”

1 Desember selalu diperingati oleh Rakyat Papua sebagai hari Kemerdekaan Bangsa Papua. 1 Desember 1961 merupakan hari bersejarah, dimana untuk pertama kalinya Bintang Kejora sebagai bendera Negara Papua Barat dikibarkan. Namun, Papua Barat sebagai negara merdeka yang dicita-citakan oleh golongan terpelajar Papua diantaranya :  M.W. Kaisiepo dan Mofu (Kepulauan Chouten/Teluk Cenderawasih), Nicolaus Youwe (Hollandia), P. Torey (Ransiki/Manokwari), A.K. Gebze (Merauke), M.B. Ramandey (Waropen), A.S. Onim (Teminabuan), N. Tanggahma (Fakfak), F. Poana (Mimika), Abdullah Arfan (Raja Ampat) yang pada waktu itu yang duduk dalam Nieuw Guinea Raad (Dewan Nieuw Guinea) namun tidak bertahan lama, tepatnya pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno Dkk mengumandangkan TRIKORA untuk mengagalkan terbentuknya negara Papua Barat. Sejak itulah, Rakyat Papua hidup dalam cengkraman penjajahan Indonesia.
Berbagai operasi militer dilancarkan oleh kolonial Indonesia untuk membungkam perlawanan Rakyat Papua yang menolak kehadiran Indonesia. Militer menjadi satu-satunya tameng untuk berhadapan dengan Rakyat Papua. Dari masa kepemimpinan Soekarno hingga SBY-Boediono, Militer tetap menjadi alat yang paling reaksioner dalam menghadapi gejolak perlawanan Rakyat Papua. Ratusan ribu nyawa Rakyat Papua telah hilang oleh kebiadaban Militer Indonesia.
Hingga saat ini, dapat kita saksikan bagaimana gerakan-gerakan perlawanan Rakyat Papua dibungkam dengan berbagai skenario dan tekanan, intimidasi serta teror untuk menekan aktifitas perlawanan Rakyat. Hal ini dilakukan oleh Indonesia untuk tetap mengamankan Papua menjadi bagian tidak terpisahkan dari Indonesia.
Maka, untuk menyikapi situasi Papua saat ini dan bertepatan dengan peringatan HUT ke-51 West Papua, 1 Desember 2012. Maka kami Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) menyatakan sikap “ Indonesia, Amerika Serikat dan PBB Segera Akui Kedaulatan West Papua Pada 1 Desember 1961 ” dan menuntut :
1.      1 Desember 1961 Bukan HUT OPM, Tetapi Adalah Hari Kedaulatan West Papua
2.      Indonesia dan PBB Segera Serahkan Kedaulatan West Papua
3.      Stop ! Klaim West Papua Bagian Dari Negara Indonesia
Demikian pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa Papua ( AMP ) menjelang Perayaan HUT West Papua Ke - 51, Atas nama seluruh Rakyat West Papua dan Tulang Belulang, kami sampaikan terimakasih.

Yogyakarta, 30 November -1Desember 2012

Hormat Kami
Koordinator Umum



Sonny Dogopia


SUMBER: AMPBLOGSPOT.COM

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "PERNYATAAN SIKAP, AKSI DAMAI MEMPERINGATI HUT WEST PAPUA 1 DESEMBER 1961, AMP SEJAWA-BALI DI YOGYAKARTA "

Music (Suara Kriting)

Followers