Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Gustaf Kawer : "Buchtar Tabuni Hanya Korban Ketidakmampuan Aparat Kepolisian" 0 Comments

By WEST PAPUA
Tuesday, September 18, 2012 | Posted in


Pernasehat Hukum Buchtar Tabuni, Gustaf Kawer, SH menilai Buchtar Tabuni yang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jayapura atas tuduhan pengrusakan Lapas Abepura hanyalah korban dari sebuah skenario. Buchtar dijadikan tumbal atas ketidakmampuan pihak keamanan Indonesia dalam mengungkap kasus pembunuhan Miron Wetipo dan kasus pembunuhan misterius beberapa waktu lalu di kota Jayapura.

“Buchtar hanya korban ketikdamampuan dan ketidakmauan aparat kepolisian dalam mengungkapkan siapa pelaku penembakan Miron Wetipo (Napi lapas yang ditembak mati disekitar Tanah Hitam Abe) pada 3 Desember 2010,” kata Gustaf Kawer kepada tabloidubi.com, Senin (17/9) di Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Karena tidak mampu, pihak kepolisian dan lembaga pemasyarakat Abepura menciptakan scenario keributan di Lapas dan berujung kepada pengrusakan fasilitas Lapas Abe pada 3 Desember 2010, yang kemudian menyeret Buchtar Tabuni ke pengadilan.

“Keributan di Lapas hanya skenario untuk mengalihkan isu dan Buctar tumbalnya,” kata Gustaf.

Selain itu, menurut Gustaf, Buctar juga korban dari skenario ketidakmampuan aparat keamanan mengungkapkan teror dan penembakan misterius di kota Jayapura. Sebab Buctar ditangkap dalam skenario kasus penembakan misterius, namun karena tidak ada bukti, akhirnya dikenakan kasus pengerusakan lapas. Kasus pengrusakan Lapas terjadi tahun 2010, namun proses hukumnya baru dilakukan tahun 2012.
 “Kenapa kasusnya 3 Dsember 2010, persidangannya baru tahun 2012? Ini tidak masuk akal. Dan tidak cukup bukti sehingga penasehat hukum berharap hakim harus lebih bijak dalam mengambil keputusan. Hakim harus membuktikan Negara ini negara hukum bukan negara berdasarkan kekuasaan (Rechtstaat bukan Machtstaat)" ujar Gustaf. (Jubi/Mawel)

SUMBER: JUBI

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Gustaf Kawer : "Buchtar Tabuni Hanya Korban Ketidakmampuan Aparat Kepolisian" "

Music (Suara Kriting)

Followers