Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI



Saya Mengintai Kamu !! Saya Mengintai Kamu !!

Translate

News

News

Seluruh Masyarakat Fakfak Menolak & mengutuk Otsus Plus Hadir di Papua 0 Comments

By Mypapua
Sunday, March 16, 2014 | Posted in , , ,





Fak-fak- Komunitas Kaum Pribumi Papua  Melakukan Aksi Damai Ditempat, dengan Thema, “ OTSUS PLUS BUKAN SOLUSI BERMARTABAT UNTUK PENYELESAIAN KONFLIK PAPUA ”. dengan bersuara dengan hati untuk keadilan. Aksi tersebut dilakukan diberbagai Kampung di Wilayah Bomberay West Papua  Hari Kamis Tanggal 13 Maret 2014 Kemarin Pukul 08.00 (Pagi) – Selesai. Berjalan aman.

Tujuan sasaran aksi kali ini,  Kegiatan bermaksud untuk menegaskan eksistensi kaum pribumi di atas tanah leluhurnya, yakni Tanah West Papua. Pertama Menyuarakan ketidakadilan yang memarjinalkan kaum pribumi. Kedua Membangun eksistensi kaum pribumi agar tidak terus dijadikan obyek dalam segala bentuk kepetingan. Dan Ketiga Mendorong solidaritas, simpati dan empati dalam upaya penyelesaian konflik multi dimensi secara damai dan bermartabat.

Kemudian Pernyataan Sikap yang diterima Media ini, menyatakan bahwa ”Konflik multidimensi di atas tanah leluhur West Papua, telah memarjinalkan kaum pribumi West Papua menuju pemusnahan selama 50 Tahun lebih. Untuk tidak punah dari atas tanah leluhurnya sendiri, maka kaum pribumi Mbaham Matta di Wilayah Bomberay mendorong aksi Solidaritas Rakyat Anti Ketidak Adilan.

Dengan merefleksi sejarah kelam anegsasi wilayah geografis Tanah leluhur West Papua melalui rekayasa Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969 yang manipulative dan tidak bermartabat untuk mencaplok West Papua ke dalam Wilayah administrative Negara Indonesia, telah menggoreskan catatan kelam kejahatan terhadap kemanusian.

Cadangan Sumber Daya Alam (SDA) West Papua yang mengiurkan, membuat kaum kolonialis jadi kalap mata. Demi kepentingan ekonomi dan politiknya (kolonialis), segala cara keji digunakan untuk memanipulasi Hak – Hak Dasar Kaum Pribumi Papua di atas tanah lelurnya sendiri. Ironisnya, puluhan tahun jeritan tangis penderitaan rakyat bangsa Papua di ujung bumi seakan tidak terdengar dan terabaikan, sebaliknya seluruh Sumber Daya Alam (SDA) nya menjadi perburuan Negara – Negara di dunia, bahkan untuk kebutuhan pernapasan manusia di planet bumi ini, hutan Papua mejadi tumpuan produsen oksigen. Pertanyaannya, dosa apa yang menyebabkan sehingga dunia menjadi enggan bersuara dan bertidak untuk mendengar dan mengahiri pederitaan kaum pribumi West Papua ???

Untuk menjawab terbungkamnya jeritan penderitaan kaum Pribumi West Papua dan menggugah nurani bagsa – bangsa di dunia demi mengakhiri jalan panjang pederitaan kaum pribumi Papua, maka Kaum Pribumi Mbaham Matta (KOMBANT) di Wilayah Bomberay West Papua menyerukan ;
Kaum Pribumi West Papua – Rakyat Bangsa Papua Barat, untuk :
1.    Konsulidasi menyeluruh kaum pribumi West Papua.
2.    Mobilisasi kaum pribumi West Papua untuk melakukan perlawanan terhadap berbagai program kolonialis yang menindas.

Pemeritah Indonesia, untuk :
1.    Berhenti dari berbagai upaya sepihak untuk memaksakan pelaksanaan Otonomi Khusus Plus (Undang  Undang Pemeritahan Papua) yang hanya akan melahirkan konflik baru di West Papua.
2.    Berhenti dari pendekatan militeristik dengan metode operasi intelegen melalui konsep Opersi Khusus (OPSUS) Terpadu. Operasi Khusus yang digelar melalui sayap sipil dengan modus operasi Strategi Serangan Sosial (SANSENSOS) dan sayap militer dengan modus operasi senyap atau operasi terselubung yang sedang menelan korban rakyat sipil di West Papua.
3.    Membuka diri dalam upaya penyelesaian konflik berkepanjangan di West Papua sesuai mekanisme dalam praktek hukum internasional.

Masyarakat Internasional, Peserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk :
1.    Membangun solidaritas Internasional untuk mendorong penyelesaian konflik West Papua
2.    Mendesak pemerintah Indonesia untuk megupayakan penyelesaian konflik sesuai mekanisme dalam praktek hukum internasional.

Fakfak – Bomberay, 13 Maret 2014
“ Untuk Dan Atas Nama Kaum Pribumi West Papua “
K   O   M   B   A   N   T
Solidaritas Rakyat Anti Ketidakadilan

sumber: Umaginews

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Seluruh Masyarakat Fakfak Menolak & mengutuk Otsus Plus Hadir di Papua"

visit www.loogix.com

Music (Suara Kriting)

Followers