Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

Dimanakah masa depan, anak-anak papua? “Tekad Bulat, Memotivasi Aku, Untuk Sekolah di Jawa” 0 Comments

By WEST PAPUA
Friday, November 2, 2012 | Posted in ,




Pendidikan merupakan ujung tombak keberhasilan anak bangsa. Dan dari sisi lain juga,Pendidikan merupakan salah satu moment yang utama dan terutama dalam kehidupan. Dan pendidikan juga merupakan suatu kegiatan yang telah nyata (konkrit) dan mutlak untuk digunakan dan dipelajari. Dan harus diikuti oleh setiap individu. Adanya pendidikan berarti juga ada pula masa depan yang cerah. Namun, sayangnya tidak semua anak bangsa  papua, mendapatkan pendidikan yangselayaknya. Masih banyak anak-anak papua yang tertinggal disana, karena tidak ada fasilitas dan perlengkapan sekolah yang lengkap gunu mewujudkan pendidikan. Namun, keinginan untukmendapatkan dan merasakan pendidikan yang layak ada dalam benak hidup, khususnya yang  mendiami  di tanah Amungsa kota Timika. Sebagai orang/man yang bekerja di instansi pemerintah dan swasta, haruslah peduli terhadap pendidikan di tanah papua. Dan bila perluh, mendukung generasi-generasi muda yang sementara memunyai keinginan  untuk bersekolah. Akan baik, bila diperhatikan anak bangsa papua.

      Dengan demikian, saya  menyadari bahwa, Pemerintah dan Swasta ataupun Lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pendidikan salah satunya ialah Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK). Telah membuka jalan yang lebar, untuk anak-anak  papua demimewujudkan masa depan, dengan cara menyekolahkan anak-anak papua.  Namun, bila dilihat dari latar belankang LPMAK, saya sangat tidak setuju dengan tindakan-tindakan kriminalitas contohnya ketika diadakan tes, yang setahun sekali, dimana tes itu, bertjuan untuk membangkit rasa nasionalisme untuk wujudkan anak-anak papua demi melanjutkan sekolah di SMA maunpun perguruan tinggi. Namun, ketidaseriusan untuk menyekolahkan anak-anak papua ada dalam batin. Ketika tes, para pekerja LPMAK selalu memilih dan memilh anak-anak papua untuk menyekolahkan mereka. Karena adanya memilih dan memilih ini, yang akhirnya menghambat pendidikan di papua.
Ketidakhadiran Pemerintah dan sekaligus tidak ada rasa peduli terhadap anak-anak bangsa papua. Membauat putus asa demi melangka dan maju menuju pendidikan yang tinggi. Rasa kemampuan dan tekat, padahal ada di dalam hidip ini. Namun, karena tidak ada rasa peduli. Akhirnya anak-anak papua tidak lagi melanjutkan pendidikan di tanah papua meupun di luar.
Kehilangan pendidikan merupakan kehilangan masa depan. Maka, anak-anak bangsa papua tidak pernah berpikir untuk meninggalkan pendidikan. Malah, mereka selalu merasa semangat dan ingin bangkit menuju kesuksesan.
Oleh karena, LPMAK adalah salah satu jalan yang baik menuju pendidikan yang baik, untuk weujudkan anak-anak bangsa papua yang sementara memunyai motivasi untuk bersekolah. Saya bangga, bila LPMAK bekerja dengan serius, dalam membangkitkan bibit-bibit papua untuk bersekolah.
Akan hal ini, saya memunyai keinginan yang besar untuk melanjutkan pendidikan.Namun, karena mendengarkan isu dari teman-teman serta bapak-bapak yang berkerja di LPMAK,  katanya, ketika diadakna tes, mereka selalu melakukan memilih dan memilah. Artinya adanya kontamidasi antara murid yang orang tuanya banyak uang dengan pekerja. Ketika melakukan kerja sama, otomatis anaknya akan tembus. Hal ini yang terjadi di lembaga tersebut.
Oleh karena itu, tingkat anak-anak papua, kadang-kadang merasa tidak mampu untuk melanjutkan sekolah, karena adanya perlakukan seperti itu. Saya juga sama hal dengan itu. Padahal saya punya tekad yang bulat untuk melanjutkan pendidikan di luar sana, namun, tidak diberikan antosiasi yang benar. Makanya saya, seperti ini.
 Dengan demikian, anak-anak bangsa papua sangat mengharapkan adanya ras prihatin terhadap pemerintah maupun Lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Kami sangat mengharapkan hal itu. Alangkah baik, bila dilakukan penyetaraan antara kami. Akan hal itu, semuanya akan aman dan tentunya papua akan baik. ( Manfret Freddy kudiai)
Penulis : (SMA Santo Bernadus Timika-Papua)

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "Dimanakah masa depan, anak-anak papua? “Tekad Bulat, Memotivasi Aku, Untuk Sekolah di Jawa”"

Music (Suara Kriting)

Followers