Latest Stories

Subscription

FREEWESTPAPUANOW!

TOP 5 Most Popular Post

Recently Comments


    PILIHAN BERITA DISINI

Translate

News

News

PNWP Lanjutkan Kemerdekaan Papua Barat 0 Comments

By WEST PAPUA
Saturday, May 12, 2012 | Posted in , , ,


[M]- Ribuan masyarakat Papua yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat [KNPB], Selasa [1/5] turun kejalan melakukan demo damai dalam rangka memperingati 1 Mei menentang aneksasi Papua kepangkuan NKRI.
Sebelum massa kumpul di Taman Imbi, massa dari arah Abepura bergerak menuju Taman Imbi. Dalam melakukan aksi demo ini, massa membawa perlengkapan budaya Papua, seperti panah, busur. Bahkan massa merelakan dirinya dihiasi gambar bintang kejora.
Ketua umum Komite Nasional Papua Barat [KNPB], Buchtar Tabuni kepada wartawan mengatakan tanggal 1 Mei diperingati bangsa Papua Barat sebagai hari menentang aneksasi Papua ke pangkuan NKRI. Pada saat itulah mulai timbul bentuk pelanggaran-pelanggaran kepada orang Papua. ‘’Jadi kami turun kejalan supaya masyarakat Papua mengetahui bahwa pada tanggal 1 Mei merupakan hari pemaksaan Bangsa Papua Barat kepangkuan NKRI ,”kata Tabuni usai melakukan orasi di Taman Imbi, Selasa [ 1/5] kemarin.
Dikatakannya bahwa rakyat Papua akan tetap memperingati tanggal 1 Mei sampai kapanpun sebagai hari menentang aneksasi Papua kepangkauan NKRI. Tanggal 1 Mei merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Papua Barat. Artinya bahwa sebelumnya telah ada perjuangan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Bangsa Papua Barat.‘’Dari dulu sampai sekarang kami menentang masuknya Bangsa Papua Barat kepangkuan NKRI,’’ imbuhnya.
Bahkan saat ini kata dia akan dihidupkan kembali kantor Niew Guinea Rad yang berada di dekat taman Imbi sebagai Lembaga Representatif politik Bangsa Papua yang terbentuk sejak tahun 1961.
Dalam aksinya massa KNPB menyampaikan pernyataan sikap yang berisi Komite Nasional Papua Barat telah dimediasi seluruh rakyat Papua Barat untuk menghidupakan kembali Niew Guinea Raad dengan merubah nama Parlemen Nasional West Papua pada saat konferensi tanggal 4-5 April tahun 2012 di Hollandia.
Terbentuknya kembali Niew Guinea Raad lanjutnya, berarti kebsahan pemerintahan kerajaan Nederland diakui dan masih tetap ada dan tidak dibubarkan oleh Bangsa Papua penduduk pribumi West Papua. Hidupnya kembali Niew Guinea Raad yang juga merupakan Parlemen Nasional West Papua akan melanjutkan cita-cita kemerdekaan bangsa Papua dalam penentuan nasib sendiri.
Ditempat yang sama Kabid Humas Polda Papua, Drs.Johanes Nugroho mengungkapkan untuk mengamankan aksi demo damai dari KNPB personil kepolisian diturunkan berjumlah 485 personil, terdiri dari gabungan Brimob, Samapta dan lantas Polres Jayapura Kota.
2 Korban
Aksi demo yang digelar oleh Komite Nasional Papua Barat [KNPB] kemarin memakan korban. Kali ini yang menjadi korban Andi Matasi [20]tahun warga Perumnas IV yang merupakan mahasiswa USTJ. Korban mengalami luka memar dan robek di bagian hidung.
Berselang beberapa menit kemudian seorang anggota TNI AD [Kodam/Denma] atas nama Kopda Suradin menjadi korban massa dari KNPB. Korban merupakan warga Bucend IV Kotaraja mengalami luka lecet pada tangan kiri.
Dari pantauan Papua Pos, akse demo damai ini menimbulkan rasa panic bagi sebagian masyarakat kota Jayapura, khususnya bagi anak-anak sekolah sehingga belum waktunya pulang anak-anak sudah dipulangkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Untuk memberi rasa nyaman bagi para pengendara kenderaan terpaksa rute jalan dialihkan, kenderaan dilarang masuk melalui jalan Irian. Kenderaan yang datang dari Hamadi maupun polimak tujuan arah Dok sekitarnya melalui jalan Ahmad Yani keluar dari jalan Percetakan Negara lanjut arah dok.
Aksi demo ini juga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas sejak dari arah Abepura menuju kota Jayapura, tapi berkat kesigapan dari aparat kepolisian sehingga arus lalu lintas bisa berjalan baik, meskipun sedikit macet. Khususnya saat massa yang datang dari arah dok menuju Taman Imbi. Demikian juga saat massa pulang berjalan dengan aman, damai dan lancar tanpa mengalami hambatan dibawah pengawalan dari aparat kepolisian.[tom]

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Leave a reply

0 komentar for "PNWP Lanjutkan Kemerdekaan Papua Barat"

Music (Suara Kriting)

Followers